Lima Manfaat Tertawa yang Harus Anda Ketahui!

February 3, 2018 Chatarina Komala

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang...

Ada banyak manfaat dari tertawa yang belum Anda sadari. Selain mampu meningkatkan suasana hati, tertawa juga dapat mempererat hubungan sosial Anda. Di sisi lain, rasa bahagia yang dihasilkan dari tertawa juga diklaim sanggup meningkatkan daya imun tubuh dan meningkatkan kesehatan.  

Adapun beberapa penelitian mencoba mengungkap manfaat tertawa bagi kehidupan manusia. Salah satu kesimpulan yang dapat diambil: tertawa dapat membuat Anda awet muda. Lantas, apakah alasan di balik kesimpulan tersebut?

 

1. Melepas Hormon Stres

Ilustrasi: www.everydayhealth.com

Ada kalanya, Anda merasa hari-hari terasa berat. Alih-alih cemberut atau justru marah-marah, cobalah untuk tertawa lepas. Adapun tertawa mampu mengurangi kadar hormon stres pada tubuh. Akibatnya, suasana hati pun jadi membaik dan Anda mampu menjalani hari dengan lebih ringan.

 

2. Melatih Otot Perut

Ilustrasi: www.womenshealthmag.co.uk

Tahukah Anda--tertawa juga mampu melatih otot perut? Ketika Anda tertawa--kalau perlu hingga terbahak--otot-otot di perut akan mengembang dan berkontraksi. Responsnya sendiri hampir mirip dengan aneka olahraga latihan perut.

Pada saat yang sama, bagian otot lain juga akan merasa relaks ketika Anda tertawa. Nah, bagi Anda yang mengidamkan perut rata tapi malas berolaraga, bisa mencoba tertawa sebanyak-banyaknya...

 

3. Meningkatkan Daya Tubuh

Ilustrasi: www.onlymyhealth.com

Menurunnya hormon stres tadi, secara tidak langsung juga berdampak pada meningkatnya kinerja sistem kekebalan tubuh. Bagaimanapun, tertawa juga mengaktifkan sel T--sebuah sistem kekebalan khusus yang harus diaktifkan tubuh untuk membantu melawan penyakit.

Manfaat lain, tertawa adalah cara praktis dan murah utnuk menormalkan tekanna darah (bagi yang memiliki riwayat darah tinggi), sehingga mampu mengurangi risiko stres dan serangan jantung. Pantas saja, banyak orang bilang--tertawa adalah kunci untuk hidup awet muda.

 

4. Mengontrol Fungsi Jantung

Ilustrasi: www.indianexpress.com

Anda yang malas atau tidak lagi mampu melakukan olahraga fisik, bisa mencoba tertawa sebanyak-banyaknya, sebagai alternatif olahraga. Adapun tertawa, disebut-sebut sebagai latihan kardio yang baik lantaran fungsinya memicu jantung memompa dan membakar kalori lebih besar. Bahkan, efek dari tertawa selama satu jam dianggap mampu menyaingi dampak berjalan dengan kecepatan lambat hingga sedang, dalam waktu yang sama.

 

5. Membuat Relaks Tubuh

Ilustrasi: www.mnn.com

Tertawa adalah satu obat alami penghilang rasa nyeri. Ketika tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membantu meringankan rasa nyeri dan membuat Anda merasa lebih baik.

Di sisi lain, tertawa juga mampu membuat tubuh terasa lebih relaks. Setidaknya, peneliti menemukan--orang-orang yang punya pandangan positif terhadap hidup cenderung mampu “mengatasi” penyakit mereka dengan lebih baik ketimbang mereka yang punya pandangan negatif.

Previous Article
Hati-hati, Ini Dia 5 Risiko Malas Membersihkan Riasan Wajah
Hati-hati, Ini Dia 5 Risiko Malas Membersihkan Riasan Wajah

Di satu sisi, penggunaan riasan wajah memang akan menunjang penampilan Anda. Namun, bisa berbahaya bagi kes...

Next Article
Pakai Eye Cream Juga Ada Aturannya, Lho!
Pakai Eye Cream Juga Ada Aturannya, Lho!

Sebagian besar perempuan menjadikan eye cream sebagai solusi mengatasi lingkaran gelap dan keriput di sekit...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More