Hati-hati, Ini Dia 5 Risiko Malas Membersihkan Riasan Wajah

February 5, 2018 Chatarina Komala

Di satu sisi, penggunaan riasan wajah memang akan menunjang penampilan Anda. Namun, bisa berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh jika Anda malas membersihkannya...

Tuntutan kerja kerap kali membuat Anda harus senantiasa berpenampilan rapi dan menarik. Salah satu caranya, menggunakan perangkat riasan wajah. Namun, jam kerja yang padat kerap kali membuat Anda kelelahan dan akhirnya abai membersihkan wajah. Padahal, tumpukan bahan kimia yang terkandung pada produk makeup bisa saja berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh Anda.

Sebelum telanjur capek dan akhirnya lupa untuk membersihkan makeup yang menempel, ada baiknya Anda mengingat lagi risiko dari kebiasaan buruk tersebut. Apa sajakah?

 

1. Menumpuknya Minyak dan Komedo

Ilustrasi: www.thelivingnature.com

Jangan biarkan produk kosmetik Anda menempel terlalu lama pada kulit wajah. Pasalnya, hal ini bisa saja menyumbat pori-pori dan memicu timbunan minyak dan kotoran penyebab komedo. Itu belum termasuk penggunaan produk dengan kandungan bahan kimia berbahaya...

 

2.  Jerawat

Ilustrasi: www.localitynews.com 

Timbunan minyak dan kotoran yang dibiarkan dalam waktu lama akan memicu munculnya jerawat. Nah, jika hal ini terus dibiarkan--jerawat juga akan berubah menjadi infeksi yang akhirnya memperburuk penampilan.

 

3.  Iritasi dan Infeksi Mata

Ilustrasi: www.sarasotaeyelidspecialist.com

Mereka yang sering merias wajah, pastilah akrab dengan penggunaan eyeshadow, eyeliner, hingga maskara. Tidak dapat ditampik, ketiganya memang mampu menciptakan penampilan yang lebih menarik dan atraktif. Namun, tahukah Anda--terlalu lama membiarkan kulit terpapar produk tersebut bisa berbahaya bagi kondisi kulit dan mata?

Adapun salah satu risiko paling besar, yakni terjadinya infeksi pada mata. Penyebabnya, tidak lain adalah potensi masuknya partikel kecil dari makeup ke dalam mata. Akibatnya sendiri beragam, mulai dari iritasi hingga infeksi mata.

 

4. Penuaan Dini

Ilustrasi: www.skinceuticals.com

Lupa menghapus riasan pada wajah akan memicu masuknya zat radikal bebas yagn bisa mengakibatkan penuaan dini. Jadi, sebelum terlambat--pastikan Anda selalu membersihkan dan membasuh wajah dari makeup, ya.

 

5. Bibir Kering dan Pecah-pecah

Ilustrasi: www.thehealthsite.com

Bibir kering dan pecah-pecah, menjadi satu risiko paling besar yang muncul apabila Anda abai membersihkan bibir dari lipstik. Hal ini terjadi lantaran bibir kehilangan kelembapan alaminya.

Previous Article
Bukan Hanya Melembapkan, Ini Dia 8 Manfaat Gel Aloe Vera yang Tidak Anda Ketahui!
Bukan Hanya Melembapkan, Ini Dia 8 Manfaat Gel Aloe Vera yang Tidak Anda Ketahui!

Sebagian besar orang memanfaatkan gel aloe vera untuk melembapkan kulit. Namun, tahukah Anda--sebetulnya ad...

Next Article
Lima Manfaat Tertawa yang Harus Anda Ketahui!
Lima Manfaat Tertawa yang Harus Anda Ketahui!

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More