Jangan Menatap Ponsel Terlalu Lama Jika Tidak Ingin Wajah Tampak Lebih Tua!

February 14, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.wired.com

Rutinitas dan tuntutan pekerjaan mungkin memaksa Anda untuk lebih lama menatap layar ponsel. Namun, tahukah Anda, terlalu lama menatap layar ponsel bisa bikin wajah lebih tua?

Sebenarnya, bukan “durasi menatap” yang bikin wajah lebih tua, melainkan paparan cahaya yang dipancarkan gawai. Pun itu sebabnya, hal ini tidak berlaku pada layar ponsel semata, melainkan juga televisi dan komputer.

Harus dipahami, cahaya yang dipancarkan oleh gawai dan perangkat elektronik lain, rupanya mampu mempercepat penuaan kulit wajah. Ini disebabkan, cahaya tersebut masuk dalam kategori energi tinggi yang sebenarnya merupakan bagian alami dari sinar Matahari. Memang, efeknya tidak sebesar UVA atau UVB yang menyebabkan kanker. Namun, Anda tetap harus berhati-hati mengingat terlalu banyak terpapar cahaya ini bisa mempercepat penuaan kulit.

 

Produksi Pigmen yang Tersendat

Ilustrasi: www.sciencedaily.com

Setidaknya, sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity menemukan, produksi pigmen organik akan menurun ketika terpapar sinar gawai. Adapun kondisi ini dapat menyebakan perubahan warna dan bintik-bintik hitam sebagai ilusi penuaan. Adapun gejala-gejala lain turut mengiringi, seperti tampilan kulit yang lebih gelap, serta wajah yantg tidak sesuai dengan usia.

Kendati temuan tersebut tidak dapat menunjukkan hubungan pasti antara cahaya berenergi tinggi dan penuaan, tetap saja Anda harus mengurangi durasi menatap layar gawai. Apalagi, terdapat beberapa fakta--bahwa cahaya berenergi tinggi ini mampu menembus lebih dalam ke kulit ketimbang sinar UV.

      

Previous Article
Kerutan Muncul di Bagian Leher, Apa Penyebabnya?
Kerutan Muncul di Bagian Leher, Apa Penyebabnya?

Kulit leher Anda tidaklah bebas dari risiko kerutan. Meski banyak orang mengaitkannya dengan faktor usia, f...

Next Article
8 Insprasi Kado Pria di Hari Kasih Sayang
8 Insprasi Kado Pria di Hari Kasih Sayang

Jatuh setiap tanggal 14 Februari, “Hari Valentine” menjadi momen paling ditunggu. Kendati cinta bisa diraya...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More