8 Cara Ampuh Mengendalikan Amarah yang Meledak-ledak

February 20, 2018 Chatarina Komala

Kemarahan adalah hal yang wajar. Namun, jika rasa marah membuat Anda jadi tidak terkendali dan menyakiti orang lain, inilah waktunya untuk mengelola emosi.

Siapa pun Anda, pasti pernah merasa marah. Kendati tidak diinginkan, rasa marah sebetulnya manusiawi. Hanya saja, jika rasa marah membuat Anda jadi tidak terkendali, inilah waktunya untuk mengontrol rasa marah dan mengalihkannya untuk hal yang lebih positif. Berikut adalah delapan cara ampuh mengendalikannya.

 

1. Menarik Napas Dalam-dalam

Ilustrasi: www.yogajournal.com

Ketika Anda mulai merasa marah, tarik napas dalam-dalam sebelum “meledak” ke berbagai arah. Cara ini bisa membantu Anda menenangkan hati dan pikiran. Seketika rasa marah muncul, duduklah tenang dengan posisi relaks. Ambil napas dalam-dalam lalu embuskan pelan. Segera jauhi siapa pun yang membuat Anda marah dan merasa kesal.

 

2. Jangan Bereaksi

Ilustrasi: www.the-pool.com

Bereaksi--baik dalam bentuk ucapan maupun tindakan--saat merasa marah hanya akan memperburuk situasi. Di sisi lain, hal ini juga bisa menyakiti perasaan orang lain, bahkan menciptakan satu “lingkaran marah” yang semakin parah. Itu sebabnya, ketika rasa marah muncul, jangan bereaksi. Menyepi dan menjauhlah dari sumber yang menciptakan rasa marah untuk sementara, lalu kembali dan selesaikan dengan kepala yang lebih dingin.

 

3. Jangan Respons Siapa Pun yang Membuat Anda Marah

Ilustrasi: www.omaha.com

Tidak dapat dimungkiri, ada saja orang yang ingin Anda terus-terusan marah dan merasa senang dengan itu. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk mengacuhkan kata-kata mereka dan tidak meresponsnya dengan marah.

 

4. Cari Alasan Logis

Ilustrasi: www.seanwes.com

Selagi Anda menyepi dan menenangkan ciri, carilah alasan logis yang membuat Anda tidak harus merasa marah. Bagaimanapun, marah dan Anda yang lepas kendali hanya akan membuat situasi lebih buruk. Coba ingat lagi soal kerugian yang akan Anda alami jika tidak mampu mengontrol kemarahan.

 

5. Ingat Lagi Soal Ketenangan pikiran

Ilustrasi: www.theprintgallery.com.au

Apa pun alasan Anda merasa marah, ingat bahwa hal itu hanya akan mengurangi ketenangan dan kedamaian pikiran. Sekalipun Anda merasa perlu “bereaksi” kepada mereka yang membuat Anda marah; ingatlah--Anda adalah orang yang dirugikan karena harus kehilangan rasa damai.

 

6. Fokus pada Hal Lain

Ilustrasi: www.medium.com

Ketika seseorang melakukan sesuatu yang membuat Anda marah, cobalah untuk fokus pada hal lain. Segera pikirkan hal-hal yang membuat Anda bahagia; atau setidaknya tugas yang harus segera Anda selesaikan. Hal ini membuat Anda enggan untuk marah, sebab merasa hanya membuang waktu dan merugikan diri sendiri.

 

7. Meditasi

Ilustrasi: www.wallscover.com

Jika rasa marah Anda sudah tidak lagi terkontrol, meditasi adalah satu cara meredam yang paling ampuh. Bermeditasilah secara rutin untuk batin yang lebih tenang. Lakukan setiap pagi setelah bangun atau sebelum tidur. Luangkan waktu setidaknya lima hingga sepuluh menit untuk melatih pernapasan dan melepaskan ketegangan.

 

8. Tersenyum

Ilustrasi: www.camphalf-bloodfanon.wikia.com

Tersenyum adalah satu cara murah dan efektif dalam mengurangi ketegangan akibat rasa marah. Cobalah untuk tetap tersenyum; sebab ekspresi wajah amat memengaruhi tingkat emosi Anda.

Previous Article
Selain Aloe Vera, Ini Dia 4 Soothing Gel Asal Korea yang Harus Anda Coba!
Selain Aloe Vera, Ini Dia 4 Soothing Gel Asal Korea yang Harus Anda Coba!

Produk soothing gel asal Korea bukan hanya berbahan aloe vera. Lebih dari itu, tersedia pula bahan lain yan...

Next Article
Ingin Tampak Awet Muda? Mulai Gunakan Riasan Sederhana!
Ingin Tampak Awet Muda? Mulai Gunakan Riasan Sederhana!

Ada banyak cara untuk tampil awet muda. Selain melengkapi diri dengan aneka perawatan, mulai sekarang--Anda...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More