Ini Dia Area Wajah yang Pantang Disentuh Saat Berjerawat!

February 22, 2018 Chatarina Komala

 

Ilustrasi: www.beautyhealthtips.in

Keberadaan jerawat memang bikin siapa pun gemas. Tidak heran, memencet jerawat kerap dijadikan solusi untuk menghilangkannya dalam waktu cepat.

Hadirnya jerawat di wajah memang bukan hal yang menyenangkan. Selain memperburuk penampilan, keberadaan jerawat juga kerap kali diiringi dengan wajah berminyak dan terlihat kusam. Adapun godaan untuk memencet jerawat sering kali dipilih sebagai “solusi instan” untuk menghilangkannya. Memang, ada rasa puas setelah biji jerawat menghilang dari pandangan. Namun, menyentuh--bahkan memencet jerawat bukanlah hal yang baik.

Ada banyak risiko yang bisa Anda hadapi saat sembarang memencet jerawat. Ini mulai dari kerusakan kulit, bekas hitam, peradangan, bahkan kematian. Apalagi, jika harus memencet jerawat dengan tangan yang kotor...

Nah, tahukah Anda, memencet jerawat bisa sangat berbahaya jika dilakukan di area “segitiga wajah”. Banyak orang menyebutnya dengan istilah “The Danger Triangle of Face”. Bagian manakah itu?

 

Dari Hidung hingga Sudut Mulut

Ilustrasi: www.dailymail.co.uk

Area ini membentang dari hidung hingga sudut mulut. Nah, jika Anda mendapati ada jerawat yang tumbuh di sana, diamkan dan jangan menyentuhnya. Pasalnya, di sanalah pemburuh darah vena yang terhubung langsung ke otak berada. Ketika terjadi infeksi, penyebaran bakteri dan virus akan sangat cepat hingga ke pusat sistem saraf.

Adapun kondisi ini disebut thrombosis sinus cavernosus. Ini merupakan kondisi, manakala terjadi penggumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah dalam otak dan di belakang soket mata. Risikonya bisa berbahaya, seperti kelumpuhan, kebutaan, bahkan kematian!

 

Apa yang Harus Dilakukan Saat Berjerawat?

Ilustrasi: www.health.usnews.com

Apa pun kondisinya, hindari memencet langsung jerawat yang muncul di area segitiga berbahaya ini. Apalagi, jika Anda memencetnya dengan tangan kotor. Sebagai gantinya, Anda bisa, kok, mengoleskan obat jerawat yang sesuai dengan kulit, seperti benzoyl peroxide atau  salicylic acid.

Anda sendiri mungkin gemas melihat jerawat yang tidak kunjung hilang lebih dari seminggu. Jika sudah begini, inilah saatnya berkonsultasi dan mendapatkan penanganan dari dokter kulit.   

  

Previous Article
Ini Dia Empat Cara Menggunakan Eyeliner Warna Putih yang Harus Anda Ketahui!
Ini Dia Empat Cara Menggunakan Eyeliner Warna Putih yang Harus Anda Ketahui!

Bukan hanya sebagai highlighter, eyeliner putih juga memiliki banyak kegunaan untuk menghasilkan riasan waj...

Next Article
Selain Aloe Vera, Ini Dia 4 Soothing Gel Asal Korea yang Harus Anda Coba!
Selain Aloe Vera, Ini Dia 4 Soothing Gel Asal Korea yang Harus Anda Coba!

Produk soothing gel asal Korea bukan hanya berbahan aloe vera. Lebih dari itu, tersedia pula bahan lain yan...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More