Tanpa Sadar, Inilah 7 Kesalahan yang Pernah Dilakukan Fresh Graduate di Dunia Kerja

February 27, 2018 Chatarina Komala

Mulai dari minimnya pengalaman hingga track record buruk, inilah tujuh kesalahan yang pernah dilakukan seorang fresh graduate di dunia kerja.

Anda mungkin saja berpikir, dengan lulus kuliah--seluruh proses belajar akan selesai. Namun, pembelajaran sesungguhnya baru dimulai ketika Anda menginjakkan kaki di dunia kerja. Nah, sebagai pembelajaran, ketahui tujuh kesalahan yang tanpa sadar pernah Anda lakukan sebagai fresh graduate.

 

1. Asal Memilih Tempat Bekerja

Ilustrasi: www.thebalance.com

Setelah kelulusan, Anda mungkin akan segera mencari pekerjaan. Namun, jangan sampai “tuntutan sosial” membuat Anda gegabah mendapatkan tempat kerja. Harus dipahami, selain besaran gaji, di tempat kerja yang baru--Anda juga harus belajar dan melatih kemampuan baru.

Sebelum melamar, Anda harus mencari tahu terlebih dulu jenis pekerjaan yang sesuai dan disukai. Toh, meskipun mampu, maukah Anda menghabiskan lebih dari setengah hari untuk melakukan hal-hal yang tidak disukai?

 

2. Terlalu Idealis

Ilustrasi: www.idealistcareers.org

Masa muda, memang waktunya jadi idealis. Banyak fresh graduate yang akan menjunjung tinggi prinsipnya, hingga tidak jarang, menimbulkan konflik dan pertentangan dengan pihak lain.

Selagi disampaikan dengan benar, masuk akal, dan memberi manfaat--tentu tidak ada salahnya dengan menjadi idealis. Namun, di tempat kerja, segalah hal bukan hanya terfokus pada diri Anda. Anda harus menjadi bijak dengan mempertimbangkan semua pilihan berdasarkan untung dan rugi.

 

3. Kurang Beretika

Ilustrasi: www.popsugar.com.au

Namanya dunia kerja, tentu semua orang dituntut untuk jadi profesional. Itu sebabnya, sedari awal--penting untuk menjaga etika mulai dari cara berbicara, bersikap, atau justru berpakaian Anda.

 

4. Melupakan Media Sosial

Ilustrasi: www.b1039.com

Ketika kuliah, menulis status melankolis atau berkeluh kesah di media sosial tentu hal yang biasa-biasa saja. Namun, jangan lakukan ini ketika Anda sudah masuk di dunia kerja. Bukan hanya bisa merusak citra, tidak bijak menggunakan media sosial bisa saja membuat Anda dipecat dengan tidak hormat!

Jadi, sebelum terlambat, bersihkan seluruh “sampah” Anda di sana. Jangan sampai perusahaan yang ingin merekrut Anda membatalkan niat, sebab menemukan hal-hal negatif di sana.

 

5. Terlalu Tinggi Berekspektasi

Ilustrasi: www.thenutritionalsource.com

Sebagai lulusan baru, kecil kemungkinan Anda langsung menduduki posisi tinggi seperti manajer, mendapatkan gaji besar, atau bekerja di perusahaan ternama. Ingatlah, itu semua butuh proses.

Sebelum terjebak pada ekspektasi yang tinggi, ada baiknya Anda mengingat bahwa pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang memberi Anda kesempatan belajar banyak hal. Di sisi lain, tentu akan lebih menyenangkan memulai semuanya dari bawah, bukan?

 

6. Enggan Membangun Jaringan Profesional

Ilustrasi: www.pxhere.com

Selagi muda, cobalah membangun sedikit demi sedikit jaringan profesional. Anda bisa mulai dari yang paling dekat, semisal orang tua, keluarga, atau teman dekat. Beri tahu mereka soal kemampuan dan potensi Anda bagi perusahaan mereka.

 

7. Kebiasaan Menunda

Ilustrasi: www.inc.com

Kebiasaan menunda mungkin tidak memiliki dampak yang signifikan ketika Anda berkuliah. Namun, ketika sudah memasuki dunia kerja--sebaiknya hindari kebiasaan buruk tersebut. Pasalnya, bukan hanya merugikan Anda, kebiasaan ini juga merugikan orang lain, terutama partner kerja Anda.  

Previous Article
Yuk, Coba Flower Eyeliner untuk Tampilan Mata Lebih Segar!
Yuk, Coba Flower Eyeliner untuk Tampilan Mata Lebih Segar!

Eyeliner warna hitam, cokelat, atau putih, sudah biasa. Bagaimana dengan eyeliner bermotif kelopak bunga?

Next Article
Ini Dia Empat Cara Menggunakan Eyeliner Warna Putih yang Harus Anda Ketahui!
Ini Dia Empat Cara Menggunakan Eyeliner Warna Putih yang Harus Anda Ketahui!

Bukan hanya sebagai highlighter, eyeliner putih juga memiliki banyak kegunaan untuk menghasilkan riasan waj...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More