4 Masalah Kulit yang Bisa Timbul Karena Eksfoliasi

March 4, 2018 Chatarina Komala

Anda mungkin merasa puas melihat satu per satu kulit mati terangkat ketika menggunakan produk eksfoliasi. Namun, terlalu sering menggunakannya juga bisa berbahaya bagi kulit, lho.

Menyaksikan satu per satu kulit mati terangkat memang jadi satu hal yang bikin puas ketika menggunakan produk eksfoliasi. Ditambah lagi, cara ini tergolong praktis dan mudah. Sayangnya, jika dilakukan terlalu sering, cara ini bisa menimbulkan sejumlah efek samping bagi kulit. Bahkan, efeknya bisa sangat berbahaya.

Lantas, apa sajakah risiko terlalu sering menggunakan produk eksfoliasi?

 

1. Iritasi Kulit

Ilustrasi: www.bustle.com

Terlalu sering eksfoliasi bisa berdampak pada iritasi kulit. Mulanya, akan terdapat bercak kemerahan yang mengumpul pada beberapa titik wajah, lalu berujung pada iritasi. Pada beberapa kasus, iritasi juga dibarengi dengan rasa gatal. Itu sebabnya, selain memerhatikan waktu eksfoliasi, penting untuk mengaplikasikan pelembap setelah Anda membersihkan wajah.

 

2. Perih dan Panas

Ilustrasi: www.blog.beautybridge.com

Biasanya, eksfoliasi yang terlalu sering juga bisa membuat kulit yang terdampak terasa perih dan panas. Pasalnya, eksfoliasi membuat Anda terus menggosok kulit dan membuatnya mengelupas.

 

3. Jerawat

Ilustrasi: www.bioclarity.com

Alih-alih membersihkan wajah, eksfoliasi yang Anda lakukan bisa saja menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pasalnya, eksfoliasi yang terlalu sering bukan hanya membersihkan pori-pori wajah dan mengangkat sel mati. Ketika dilakukan terlalu sering, cara ini juga bisa menghilangkan sel kulit sehat yang justru bertugas untuk melindungi dan meregenerasi kulit. Akibatnya, kulit pun jadi lebih sensitif dan mudah berjerawat.

 

4. Kulit Kering

Ilustrasi: www.liveabout.com

Eksfoliasi yang berlebihan bisa membuat kulit menjadi kaku dna kering. Tidak jarang, kulit pun jadi mudah mengelupas dan terlihat “bersisik”.

Previous Article
Dampak Positif yang Bisa Timbul Jika Anda Berhenti Pakai Makeup
Dampak Positif yang Bisa Timbul Jika Anda Berhenti Pakai Makeup

Kendati tidak nyaman, tuntutan pekerjaan sering kali mengharuskan Anda keluar rumah dengan riasan wajah. La...

Next Article
Antirepot dengan Bulu Mata Bermagnet
Antirepot dengan Bulu Mata Bermagnet

Tidak semua orang dikaruniai bulu mata lentik. Nah, bagi Anda yang tidak ingin repot menggunakan bulu mata ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More