Dampak Positif yang Bisa Timbul Jika Anda Berhenti Pakai Makeup

March 5, 2018 Chatarina Komala

Kendati tidak nyaman, tuntutan pekerjaan sering kali mengharuskan Anda keluar rumah dengan riasan wajah. Lantas, apa jadinya jika Anda sesekali berhenti pakai makeup?

Entah untuk kebutuhan pekerjaan atau sekadar keinginan merias diri, hampir sebagian besar perempuan keluar rumah dengan riasan wajah. Namun, terlalu sering menggunakan makeup tentu tidaklah baik. Pasalnya, sesekali kulit perlu bernapas lega tanpa pulasan produk makeup.

Memang, bagi yang sudah terbiasa--Anda akan merasa tampak pucat, layu, dan tidak percaya diri saat keluar rumah tanpa menggunakan makeup. Namun, ingatlah--sesekali tidak menggunakan makeup penting untuk menjaga kesehatan kulit. Lantas, apa jadinya jika Anda sesekali berhenti menggunakan riasan wajah?

 

1. Lebih Sedikit Terpapar Bahan Kimia

Ilustrasi: www.theminerswife.com

Se-alami apa pun kandungan bahan dalam produk makeup, pastilah terdapat bahan kimia. Sekarang bayangkan, apa jadinya jika kulit Anda terus terpapar bahan kimia setiap harinya?

Bukan hanya soal kondisi pori-pori yang tersumbat. Kandungan bahan kimia ini juga bisa merusak sirkulasi kulit, mengakibatkan penumpukan minyak, dan akhirnya memicu jerawat.

 

2. Pori-pori Lebih Bersih

Ilustrasi: www.rd.com

Kadang kala, rasa lelah membuat Anda abai membersihkan makeup. Padahal, selain kandungan bahan kimia, kulit juga terpapar debu dan polusi. Akibatnya, terjadi penumpukan kotoran pada wajah, yang jika didiamkan--bisa saja menyumbat pori-pori dan membuatnya semakin membesar. Ini belum termasuk risiko kerutan pada wajah. Adapun sesekali tidak menggunakan makeup tentu akan mengurangi risiko ini.

 

3. Wajah Sehat dan Cantik Alami  

Ilustrasi: www.healthylnb.com

Ada beberapa akibat dari tidak cocoknya satu produk makeup dengan jenis kulit Anda. Ini bisa berupa iritasi dan kemerahan pada kulit, munculnya jerawat, hingga infeksi. Itu belum termasuk alergi yang menyebabkan luka pada kulit. Sayangnya, alih-alih dihentikan, beberapa perempuan justru menutupi masalah kulit tersebut dengan riasan berlapis.

Itu sebabnya, sesekali tidak menggunakan makeup membantu memberikan ruang pada kulit untuk bernapas. Di sisi lain, cara ini juga bisa meminimalkan risiko jerawat dan ruam di wajah. Akibatnya, kulit pun menjadi lebih bersih, cantik alami, dan terhindari dari risiko penggunaan produk makeup yang salah.

 

4. Kulit Segar dan Tidak Kusam

Ilustrasi: www.tendskin.com

Sudah jadi pengetahuan umum, sebagian besar produk makeup tidaklah bebas dari bahan kimia. Nah, jika terlalu sering terpapar, kandungan bahan kimia ini akan menyumbat pori-pori, menghambat regenerasi sel, serta membuat kulit menjadi kering dan kusam. Mengurangi penggunaannya akan membantu proses regenerasi kulit menjadi maksimal, sehingga wajah terlihat lebih segar.

 

 

Previous Article
Punya Kulit Sensitif? Jangan Lupa Selalu Bawa 5 Benda Ini, Ya!
Punya Kulit Sensitif? Jangan Lupa Selalu Bawa 5 Benda Ini, Ya!

Ada kalanya, kulit sensitif memang bikin serba salah. Pasalnya, akibatnya bisa fatal. Salah sedikit memilih...

Next Article
4 Masalah Kulit yang Bisa Timbul Karena Eksfoliasi
4 Masalah Kulit yang Bisa Timbul Karena Eksfoliasi

Anda mungkin merasa puas melihat satu per satu kulit mati terangkat ketika menggunakan produk eksfoliasi. N...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More