Yuk, Bijak Mengelola Waktu!

March 9, 2018 Chatarina Komala

Apa pun jenis pekerjaannya, manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan semua orang.

Siapa dan di mana pun Anda bekerja, kemampuan manajemen waktu yang baik sudah pasti menjamin produktivitas dan hasil kerja yang memuaskan. Sayangnya, masih ada beberapa orang gemar menunda pekerjaan, memilih lembur, bahkan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak perlu.

Lantas, bagaimana sebaiknya Anda mengelola waktu yang dimiliki? Berikut adalah beberapa tips mengelola waktu yang bisa Anda praktikkan.

 

1. Prioritaskan Deadline

Ilustrasi: www.parade.com

Jika perlu, tandai kalender pada tanggal tenggat proyek atau pekerjaan selesai. Adapun jika Anda memiliki banyak pekerjaan, ada baiknya mengutamakan pekerjaan yang punya tenggat waktu terdekat lebih dulu. Hindari melakukan banyak pekerjaan dalam sekali waktu, karena hal ini hanya akan membuat semuanya kacau.

 

2. Anda Tidak Punya Banyak Waktu

Ilustrasi: www.mexperience.com

Kuncinya, jangan pernah berpikir Anda memiliki banyak waktu. Kendati hanya 15 menit, jangan pernah membuang waktu Anda untuk melakukan hal yang tidak perlu. Sebaliknya, gunakan seluruh waktu yang tersisa untuk bekerja secara efektif. Tanamkan dalam benak, sepuluh menit pun bisa sangat berharga untuk melakukan banyak hal agar pekerjaan selesai dengan cepat.

 

3. To-do-list

Ilustrasi: www.techrepublic.com

Di pagi hari, buatlah to-do-list yang mencakup aktivitas Anda seharian penuh. Letakkan pekerjaan yang paling mudah di daftar paling atas untuk pemanasan agar tubuh dan pikiran tidak “terlalu lelah”. Nah, setelah to-do-list ini dibuat, cobalah untuk menaatinya. Jika perlu, berikan tenggat waktu untuk masing-masing pekerjaan.

 

4. Atur Jadwal Makan, Ngemil, dan Istirahat

Ilustrasi: www.cookinglight.com

Sesibuk apa pun Anda, jangan pernah lakukan ketiganya dalam waktu bersamaan, atau justru saat sedang bekerja. Ingat, multitasking tidaklah baik untuk produktivitas dan kualitas kerja. Bahkan, cara ini bisa justru mempersulit Anda untuk fokus bahkan membuang banyak waktu.

 

5. Jangan Paksa Tubuh dan Pikiran

Ilustrasi: www.smg-itconsultancy.com

Dengarkan kemampuan tubuh dan pikiran Anda, lalu sesuaikan dengan kebutuhan kerja. Jika Anda sedang tidak berada dalam kondisi fit atau justru tidak bersemangat, cobalah istirahat sebentar dan lakukan hal-hal yang lebih mudah terlebih dulu. Jangan paksa tubuh dan otak bekerja jika Anda merasa sulit berkonsentrasi. Hal yang sama berlaku sebaliknya.

 

6. Matikan Internet

Ilustrasi: www.clarkoutsourcing.com

Kadang kala, koneksi internet menjadi satu penyebab paling besar pikiran Anda menjadi terbagi. Saat merasa jenuh, Anda bisa saja membuka akun media sosial, membaca berita, atau menonton video, dan tahu-tahu, satu jam waktu Anda sudah terbuang sia-sia. Sebelum terlambat, ada baiknya matikan internet agar Anda bisa fokus terhadap pekerjaan. Nah, jika sudah selesai, Anda bisa memberikan reward ke diri sendiri dengan membuka media sosial, menonton film, dsb--tentu saja dengan batasan waktu tertentu.

Previous Article
Punya Bentuk Bokong Besar? Yuk, Hindari 3 Model Celana Ini!
Punya Bentuk Bokong Besar? Yuk, Hindari 3 Model Celana Ini!

Bentuk bokong yang besar bukanlah masalah. Jangan keburu minder, sebab Anda bisa menyiasatinya dengan pinta...

Next Article
6 Trik Menciptakan Tampilan Shimmery Gold yang Glamor
6 Trik Menciptakan Tampilan Shimmery Gold yang Glamor

Shimmery gold, jadi solusi untuk tampilan riasan yang mewah dan elegan.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More