Berapa Kadar SPF yang Dibutuhkan Orang Indonesia?

March 20, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.karachista.com 

Anda mungkin akan mendapati klaim “SPF” yang tercantum pada banyak produk tabir surya. Angkanya beragam, mulai dari yang paling rendah hingga tinggi. Lantas, berapa kadar SPF ideal bagi orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia?

Hampir semua orang menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit--terutama wajah--dari sengatan sinar Matahari. Bagaimanapun, terlalu sering terpapar sinar Matahari langsung bisa berdampak buruk bagi kulit. Seperti halnya, memicu kerutan dan flek hitam, menjadikan kulit kering, hingga meningkatkan risiko kanker.

Ada banyak produk tabir surya di pasaran. Hampir seluruhnya, memiliki informasi tentang kadar SPF (Sun Protection Factor--tingkat perlindungan terhadap sinar Ultraviolet B). Angkanya sendiri beragam, mulai dari SPF 15, SPF 25, SPF 30, SPF 45, SPF 50, hingga yang lebih tinggi.

Hanya saja, tidak semua produk tabir surya cocok untuk kulit orang Indonesia. Orang Indonesia sendiri diketahui memiliki kadar melanin yang cukup dan memiliki kulit yang berwarna sawo matang, sehingga tidak mudah terbakar. Itu belum termasuk kondisi lingkungan, salah satunya beriklim tropis.

  

Minimal 30

Ilustrasi: www.air-tan.com

Lantas, berapa angka SPF ideal bagi orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia? Untuk di Indonesiam Anda membutuhkan SPF dengan angka minimal 30. Itu pun Anda harus mengaplikasikan produk tabir surya secara berulang. Sebab, semakin tinggi angkanya, maka semakin lama perlindungannya.

Nah, selain memastikan kandungan SPF, perhatikan pula kadar PA (perlindungan terhadap sinar UVA). Semakin banyak tanda “plus”, semakin tinggi pula tingkat perlindungannya. Terakhir, ada baiknya Anda memilih SPF sesuai kebutuhan. Untuk produk yang tersedia di pasaran, terdapat jenis SPF yang antikeringat (sweatproof), tahan air (water resistant), dan setingkat di atas water resistant--water proof.

Previous Article
Tubuh Pendek Pun Bisa Telihat Jenjang dengan 6 Jenis Pakaian Berikut!
Tubuh Pendek Pun Bisa Telihat Jenjang dengan 6 Jenis Pakaian Berikut!

Punya tubuh mungil dan pendek? Enggak usah minder. Yuk, akali dengan enam jenis pakaian berikut!

Next Article
Bentuk Rapi dan Bebas Sakit dengan Threading Alis
Bentuk Rapi dan Bebas Sakit dengan Threading Alis

Threading alis dianggap satu solusi mendapatkan alis rapi tanpa khawatir sakit atau iritasi.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More