Jangan Salah, Tidur Setelah Olahraga Berat Itu Perlu, Lho!

June 4, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.metro.co.uk

Alih-alih dihindari, rupanya tidur setelah olahraga berat itu perlu, lho.

Untuk menunjang fungsi tubuh dan aktivitas di kemudian waktu, manusia memang membutuhkan tidur. Terlebih, ketika malam hari. Idealnya, seseorang membutuhkan waktu enam hingga delapan jam per hari untuk tidur. Namun, ada pula kondisi lain yang menuntut tubuh untuk tidur. Salah satunya, setelah melakukan olahraga berat.

Ashley Borden, seorang trainer menilai, tidur setelah olahraga lebih baik ketimbang terus-terusan melakukan olahraga selama berjam-jam. Pernyataannya ini didukung beberapa hasil penelitian yang mengungkapkan, tidur selama tujuh setengah hingga delapan jam setiap malam bisa membantu tubuh memperbaiki diri; sekaligus menurunkan risiko peradangan di dalam tubuh.

 

Mengurangi Stres

Ilustrasi: www.lawpracticetoday.org

Selain itu, tidur juga waktu yang sangat baik untuk menyeimbangkan proses metabolisme tubuh serta mengurangi stres. Terlebih, setelah melakukan olahraga berat. Kondisi tubuh pasti lelah, bahkan mengantuk lantaran penumpukan asam laktat.

Nah, di sinilah pentingnya tidur. Selain membantu menghilangkan kadar asam laktat, tidur juga menjadi waktu Anda memulihkan otot tubuh pascaolahraga. Namun, seluruh manfaat ini tidak serta-merta jadi maksimal tanpa diiringi upaya lain, salah satunya--makan dan pola hidup sehat.

Adapun setelah melakukan olahraga, penting untuk melengkapi tubuh Anda dengan asupan makanan bergizi dan pola hidup yang sehat. Jika perlu, batasi olahraga hanya satu jam per hari, lalu tidur ketika tubuh Anda terasa lelah.

 

Previous Article
Ingin Coba Tren Warna Rambut dari Jus Buah?
Ingin Coba Tren Warna Rambut dari Jus Buah?

Setiap tahunnya, tren warna rambut selalu berubah. Baru-baru ini, muncul tren baru dengan paduan warna yang...

Next Article
 Ingin Perut Rata dan Kencang? Yuk, Lakukan 4 Olahraga Ini Sebelum Tidur!
Ingin Perut Rata dan Kencang? Yuk, Lakukan 4 Olahraga Ini Sebelum Tidur!

Kalau tidak punya cukup waktu di pagi hari, Anda bisa, kok, berolahraga sebelum tidur. Nah, jika ingin peru...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More