7 Cara Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

June 5, 2018 Chatarina Komala

Selama bulan Ramadan, kulit memang bisa lebih kering dari biasanya. Nah, untuk mencegahnya, segera lakukan tujuh langkah berikut!

Ada banyak manfaat yang didapatkan tubuh ketika berpuasa. Namun, bila tidak cermat mengelola konsumsi air, tubuh bisa jadi kekurangan cairan. Adapun selain berbahaya bagi tubuh, dehidrasi juga berpotensi membuat kulit jadi kering dan tidak sehat. Belum lagi, ditambah dengan perubahan cuaca yang tidak dapat ditebak.

Itu sebabnya, untuk mendukung puasa Anda jadi lebih sehat, berikut adalah beberapa cara untuk mengantisipasi kulit kering.   

 

1. Konsumsi Cukup Air

Ilustrasi: www.waterfiltermalaysia.com.my

Air putih, jadi kunci utama untuk mencegah tubuh dari risiko dehidrasi. Itu sebabnya, tetap cukupi kebutuhan air putih Anda di jam-jam berbuka dan sahur, ya. Setidaknya, delapan gelas per hari. Kendati lebih menyegarkan, hindari pula terlalu banyak mengonsumsi minuman manis. Kalau ingin yang manis-manis dan lebih segar, bisa menggantinya dengan konsumsi buah atau sayur.

 

2. Tabir Surya dengan Kandungan Pelembap

Ilustrasi: www.fuzia.com

Tabir surya penting untuk digunakan sehari-hari. Apalagi, jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Nah, untuk menjaga kelembapan, pilih tabir surya yang mengandung minyak zaitun atau justru lidah buaya, ya. Cara praktis lain, Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly, produk pelembap lain, atau justru mengoleskan minyak kelapa di daerah yang kering.

 

3. Pakaian yang Menyerap Keringat

Ilustrasi: www.moneycrashers.com

Meski puasa, tidak ada yang bisa mencegah tubuh dari keringat. Sebenarnya, berkeringat itu sehat. Namun, jika tidak diimbangi dengan jenis pakaian yang baik, bisa menyebabkan pori-pori jadi tersumbat. Nah, untuk mencegah risiko kulit menjadi kusam dan kering, ada baiknya gunakan pakaian yang menyerap keringat, ya.

 

4. Tetap Merawat Kulit

Ilustrasi: www.today.com

Apa pun harinya, Anda tetap perlu melakukan perawatan kulit dan wajah. Caranya pun bisa beragam. Bisa menggunakan produk buatan sendiri, tradisional, atau justru produk yang tersedia di pasaran. Nah, untuk mencegah kulit kering dan kusam, Anda bisa melakukan body scrub setidaknya satu kali per minggu;  menggunakan aneka skin care untuk wajah, hingga eksfoliasi. Jangan lupa, pilih bahan-bahan yang aman dan tetap sehat, ya.

 

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi: www.khalis.pk

Selain mengonsumsi air putih, jenis makanan yang masuk ke tubuh juga harus diperhatikan. Setidaknya, ada dua tiga jenis makanan yang harus dihindari jika ingin kulit tetap lembap dan sehat. Ini meliputi makanan pedas, asin, dan berminyak. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya serat dan yang mengandung asam lemak omega 3.

Previous Article
Ingin Punya Rambut Bervolume, Ikuti 5 Trik Ini!
Ingin Punya Rambut Bervolume, Ikuti 5 Trik Ini!

Siapa sih yang tidak ingin tampilan rambut lebat dan sehat? Ini dia lima triknya!

Next Article
Ingin Coba Tren Warna Rambut dari Jus Buah?
Ingin Coba Tren Warna Rambut dari Jus Buah?

Setiap tahunnya, tren warna rambut selalu berubah. Baru-baru ini, muncul tren baru dengan paduan warna yang...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More