Agar Produk Perawatan Anda Tidak Cepat Kedaluarsa

June 5, 2018 Chatarina Komala

Menggunakan produk kedaluarsa tentu berbahaya bagi kesehatan wajah dan tubuh. Ini beberapa cara untuk menjaganya tahan lama.

Seperti makanan, produk makeup dan skin care memiliki masa kedaluarsa. Nah, menggunakan produk kedaluarsa tentu berbahaya bagi kesehatan wajah dan tubuh. Beberapa risiko yang mungkin muncul, di antaranya iritasi, alergi, hingga kerusakan kulit yang lebih parah. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui batas kedaluarsa dan menjaga kualitasnya agar tetap aman digunakan. Berikut adalah beberapa cara terkait penyimpanan dan penggunaan produk.

 

1. Ketahui Kebutuhan Produk

Ilustrasi: www.dhgate.com

Memang, akan jauh lebih hemat dan “ramah lingkungan” jika Anda membeli produk dalam kemasan besar langsung. Namun, ada beberapa risiko yang wajib ketahui ketika membeli produk dalam kemasan besar. Ini meliputi potensi produk terkontaminasi karena harus terbuka dalam waktu yang lama, formula yang tidak stabil, hingga risiko pemborosan--jika ternyata produk tidak cocok untuk kulit Anda. Nah, sebagai gantinya, jika belum pasti cocok--Anda bisa membeli produk perawatan atau makeup dalam kemasan kecil. Setidaknya, perhitungkan produk bisa habis dalam waktu tiga hingga enam bulan.

 

2. Simpan di Tempat Sejuk dan Terhindar dari Sinar Matahari

Ilustrasi: www.pinterest.com

Anda mungkin familier dengan petunjuk ini, sebab biasanya sudah tertera di kemasan produk. Sesuai instruksi, ada baiknya Anda menyimpan produk makeup maupun skin care di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar Matahari. Cara ini bisa melindungi produk Anda dari risiko perubahan warnda dan tekstur, hingga potensi berkembangnya bakteri dan jamur.

Selain itu, terdapat pula beberapa informasi lain terkait produk, seperti label 6M yang menganjurkan Anda mengganti produk setelah pemakaian enam bulan. Nah, agar tidak lupa, biasakan pula mencatat tanggal setiap membuka kemasan produk, ya.

 

3. Gunakan Alat untuk Mengambil Produk

Ilustrasi: www.aliexpress.com

Ada beberapa produk yang tersedia dalam kemasan jar. Jadi, sekali terbuka--produk akan mudah sekali terkontaminasi dengan apa pun yang masuk ke dalamnya; seperti jari yang tidak steril. Itu sebabnya, selalu gunakan alat khusus seperti spatula untuk mengambil produk.

 

4. Perhatikan Kandungannya

Ilustrasi: www.tesco-baby.com

Ada kalanya, lama atau tidaknya masa kedaluarsa produk skin care atau make up bergantung pada kandungan bahan di dalamnya. Misalnya, skin care berbahan dasar air diketahui sangat rentan terkontaminasi bakteri dan jamur. Kondisi ini menyebabkan, pada umumnya--produk ini tidak disimpan selama lebih dari enam bulan. Hal yang sama juga berlaku untuk produk yang mengandung active ingredients, seperit serum, exfoliator, atau eyecream. Sensitivitasnya tergolong tinggi, sehingga ketika terpapar udara, produk bisa mengalami oksidasi yang berdampak pada menurunnya kualitas.

 

Previous Article
Kaki Lecet Pakai Sepatu? Ini 6 Solusi untuk Mencegahnya!
Kaki Lecet Pakai Sepatu? Ini 6 Solusi untuk Mencegahnya!

Kaki luka atau lecet akibat penggunaan sepatu, rasanya sudah jadi hal umum bagi perempuan. Ini dia enam sol...

Next Article
Ingin Punya Rambut Bervolume, Ikuti 5 Trik Ini!
Ingin Punya Rambut Bervolume, Ikuti 5 Trik Ini!

Siapa sih yang tidak ingin tampilan rambut lebat dan sehat? Ini dia lima triknya!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More