Kaki Lecet Pakai Sepatu? Ini 6 Solusi untuk Mencegahnya!

June 5, 2018 Chatarina Komala

Kaki luka atau lecet akibat penggunaan sepatu, rasanya sudah jadi hal umum bagi perempuan. Ini dia enam solusinya.

Setiap perempuan, tentu pernah merasakan nyerinya bagian kaki akibat penggunaan sepatu. Biasanya, terjadi lantaran tergesek bahan sepatu yang terlalu keras, tebal, atau justru belum lentur. Adapun lecet ini sering kali muncul pada bagian tumit, meski tidak menutup kemungkinan--ada pula yang merasakannya di jari atau bagian lainnya.

Kendati menyebabkan luka, faktanya banyak perempuan tetap meneruskan penggunaan sepatu/sandal. Hal ini wajar, mengingat risiko ini banyak terjadi sebagai akibat proses adaptasi kaki dengan sepatu baru. Bisa jadi, bahan sepatu juga masih kaku dan belum lentur.

Nah, walaupun hanya terjadi di awal, Anda tentu tetap harus mengupayakan agar kaki bisa melangkah nyaman. Berikut adalah beberapa solusinya.

 

1. Kaus Kaki

Ilustrasi: www.aworldofbamboo.com.au

Mayoritas gesekan penyebab lecet, biasanya terjadi pada bagian tumit. Solusi mudahnya, Anda bisa menggunakan kaus kaki. Nah, untuk memperkecil risiko gesekan, gunakan pula kaus kaki yang agak tebal. Selain itu, pastikan pula kaus kaki yang Anda gunakan mampu melindungi seluruh area tumit, pinggir kaki, hingga jari-jari.

 

2. Es Batu

Ilustrasi: www.indianexpress.com

Kabarnya, suhu dingin mampu merenggangkan sepatu. Itu sebabnya, meletakkan beberapa bongkah es batu di dalam sepatu bisa Anda jadikan solusi. Caranya pun mudah. Hanya perlu membungkus beberapa bongkah es batu dengan plastik (atau bahan lain), lalu letakkan di dalam sepatu.

Setelahnya, masukkan sepatu ke dalam pendingin untuk mencegah es mencair. Jika perlu, diamkan semalaman penuh, sehingga suhu dingin bisa masuk dari bagian luar dan dalam sepatu.

 

3. Deodoran

Ilustrasi: www.organicexpress.co.nz 

Solusi ini berguna bagi beberapa sepatu baru yang masih dalam kondisi kaku. Nah, untuk mengurangi gesekan dan melenturkannya, Anda bisa menggunakan deodoran.

Oleskan deodoran pada bagian-bagian yang sempit atau berpotensi menimbulkan gesekan, seperti ujung, permukaan pinggir sepatu, hingga tumit. Diamkan selama beberapa jam sebelum siap digunakan.

 

4. Heels Grips

Ilustrasi: www.theshoedoctorisin.com

Problem kaki lecet sepertinya sudah jadi masalah umum perempuan. Itu sebabnya, diciptakan heels grips--sebuah tambalan khusus yang lembut yang bisa digunakan pada bagian tumit. Wujudnya pun beragam, seperti sponge, kain, hingga gel.

 

5. Alkohol

Ilustrasi: www.walgreens.com

Sebelum digunakan, Anda bisa membubuhkan alkohol pada bagian dalam sepatu hingga basah. Setelahnya, masukkan gumpalan kertas atau tisu, lalu diamkan semalamam penuh. Adapun semakin banyak gumpalan, semakin baik. Di pagi hari, Anda sudah bisa menggunakan sepatu dengan lebih nyaman.

 

6. Kentang

Ilustrasi: www.medicalnewstoday.com

Tahukah Anda, kentang juga bisa digunakan untuk memperluas ukuran sepatu? Caranya pun mudah. Cukup letakkan kentang yang sudah dicuci bersih ke dalam sepatu dan diamkan semalaman.

Previous Article
Bisakah Wajah Bersinar Tanpa Pulasan Makeup? Begini Caranya!
Bisakah Wajah Bersinar Tanpa Pulasan Makeup? Begini Caranya!

Setiap perempuan tentu mendambakan tampilan kulit wajah yang segar dan bersinar. Namun, bisakah seluruhnya ...

Next Article
Agar Produk Perawatan Anda Tidak Cepat Kedaluarsa
Agar Produk Perawatan Anda Tidak Cepat Kedaluarsa

Menggunakan produk kedaluarsa tentu berbahaya bagi kesehatan wajah dan tubuh. Ini beberapa cara untuk menja...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More