Tampil Stylish dengan 30 Pakaian, Yuk, Coba Konsep Capsule Wardrobe!

June 12, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.rachspeed.com

Kata siapa tampil stylish harus mengeluarkan banyak dana? Dengan konsep capsule wardrobe, Anda bahkan bisa senantiasa tampil menarik hanya dengan 30 pakaian.

Ada kalanya, Anda berdiri mematung di depan lemari pakaian: bingung menggunakan baju apa. Padahal, jika diamati--Anda punya banyak baju dengan beragam model di sana. Nah, jika punya banyak baju saja masih bingung, bagaimana dengan hanya memiliki 30 pakaian?

Eits, jangan salah. Kendala bukan pada seberapa banyak baju yang Anda punya, melainkan pada seberapa besar kreativitas yang dimiliki. Bahkan, Anda bisa menciptakan ratusan tampilan keren hanya dengan 30 model pakaian, lho!

Nah, bagi yang tidak percaya, wajib banget mencoba konsep capsule wardrobe. Istilah ini, mulanya dipopulerkan oleh Susie Faux, seorang pemilik butik di London tahun 70-an. Namun, kendati jadul, konsep ini masih sangat efektif digunakan di masa kini. Buktinya, ada banyak perempuan dan fashion blogger yang mempraktikkan konsep ini dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun alih-alih mempersulit, konsep ini justru memudahkan banyak perempuan untuk tetap berpakaian modis dengan hemat. Artinya, Anda tidak perlu, kok, terus selalu membeli baju maupun aksesori terbaru. Cukup gunakan yang ada.

 

Seni Memilih Pakaian

Ilustrasi:

Nah, berhubung Anda hanya memiliki 30 pakaian (bahkan bisa kurang)--memilihnya pun tidak bisa sembarang, ya. Kunci pertama, pilihlah pakaian dengan warna netral, bermodel versatile, dan klasik. Tujuannya, supaya bisa dipadupadankan dengan pakaian yang lain. Hal yang sama juga berlaku ketika akan membeli pakaian. Nah, sebelum membeli, sebaiknya pikir-pikir dulu--apakah baju/aksesori ini cocok dipadupadankan dengan pakaian lain atau tidak?

Wajar saja, sesuai namanya--capsule wardrobe memang ditujukan untuk jenis pakaian yang esensial dan tidak ketinggalan zaman. Sebagai contoh, celana, rok, atau coat. Digunakan pada musim apa pun, ketiganya tetap cocok.

Cara memulai konsep capsule wardrobe pun tergolong mudah. Mula-mula, Anda memang harus membersihkan seluruh isi lemari baju. Setelahnya, segera pisahkan pakaian berdasarkan preferensi, misalnya: baju yang paling disukai, baju yang dianggap sudah tidak tren, baju yang tidak bisa digunakan (entah karena tidak suka atau sudah rusak), serta yang terakhir: pakaian yang hanya bisa digunakan saat musim tertentu.

Adapun dari seluruh pakaian yang terkumpul, hitung lagi mana yang akan Anda kenakan dengan senang hati. Kalau sudah pas di hati, ini artinya Anda memang harus segera berhenti berbelanja. Namun, jika ada satu atau dua baju yang harus ditambahkan, tidak ada salahnya Anda berbelanja. Tentu saja dengan catatan: harus tetap mengendalikan diri, ya.

 

  

 

Previous Article
Waspada, Kenali 7 Bahan Kosmetik yang Berbahaya bagi Tubuh
Waspada, Kenali 7 Bahan Kosmetik yang Berbahaya bagi Tubuh

Hampir digunakan setiap hari, faktanya tidak semua kosmetik aman bagi tubuh. Beberapa di antaranya, bahkan ...

Next Article
Alis Tampak Tidak Berbentuk dan Asimetris? Ini Dia Kesalahan yang Mungkin Sering Anda Lakukan!
Alis Tampak Tidak Berbentuk dan Asimetris? Ini Dia Kesalahan yang Mungkin Sering Anda Lakukan!

Katanya, membuat alis adalah satu skill yang harus diasah setiap hari. Tidak heran, semakin sering, semakin...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More