Apa Perbedaan Sun dan Dark Spot?

June 19, 2018 Chatarina Komala

Tidak semua noda hitam pada kulit bisa ditangani dengan cara yang sama. Bahkan, ada istilah sun spot dan dark spot. Apa, sih, bedanya?

Kehadiran noda hitam pada kulit, terutama bagian wajah memang menyebalkan. Apalagi, noda hitam juga kerap dikaitkan dengan risiko penuaan dini, bahkan kanker wajah. Biasanya, noda hitam atau gelap akan tampak di daerah bawah mata, pipi, dan hidung.

Ketika menemukan bintik gelap pada wajah pertama kali, banyak orang menganggap hal ini akibat paparan sinar Matahari dan risiko tidak menggunakan sunscreen. Bahkan, ada pula yang menyamakannya dengan freckles. Padahal, dari segi bentuk dan penyebab--noda hitam atau gelap pada wajah bisa terjadi karena hal berbeda. Ini sebabnya, cara penanganannya pun berbeda.

Adapun Anda mungkin familier dengan istilah sun spot dan dark spot. Sebenarnya, apa perbedaannya, sih?

 

1. Bentuk dan Warna

Ilustrasi: www.focdownloads.blogspot.com

Jika dibandingkan dengan dark spot, sun spot cenderung berwarna lebih muda. Ukurannya pun lebih kecil, dan tidak timbul.

 

2. Penyebab

Ilustrasi: www.publicdomainpictures.net

Pada sun spot, penyebab utamanya adalah sinar Matahari. Adapun ini merupakan noda, flek, maupun perubahan warna kulit akibat paparan sinar Matahari. Jika dibiarkan tanpa perlindungan dalam waktu lama, produksi melanin akan meningkat untuk melawan sinar UVA/UVB. Nah, produk melanin yang terlalu banyak inilah yang akhirnya menyebabkan munculnya area gelap atau sunspot.

Kendati sebetulnya sun spot dapat menjadi dark spot, penyebab dark spot bukan hanya paparan sinar Matahari. Setidaknya, ada beragam penyebab munculnya dark spot, seperti faktor genetik, tanda lahir, perawatan dengan laser, jerawat, maupun luka.   

 

3. Langkah Pencegahan dan Cara Mengatasi

Ilustrasi: www.skincenter.com

Sebenarnya, cara paling mudah untuk mencegah munculnya sun maupun dark spot adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar Matahari. Selalu gunakan sunscreen, terutama ketika akan beraktivitas di luar ruangan. Nah, untuk hasil maksimal, Anda juga bisa menggunakan produk sunscreen secara berkala. Dampingi pula dengan penggunaan topi atau pakaian tertutup.

Adapun keduanya bisa dihilangkan dengan treatment laser untuk memecah pigmentasi melanin, chemical peeling, atau eksfoliasi rutin yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, sebelum Anda melakukannya, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.  

  

Previous Article
Wahai Perempuan, Sudah Coba Lipstik Bubuk Ini?
Wahai Perempuan, Sudah Coba Lipstik Bubuk Ini?

Ada beragam bentuk lipstik. Mulai dari padat (stik), cair, hingga bertekstur seperti krim. Namun, bagaimana...

Next Article
5 Jenis Patch untuk Kecantikan Kulit Anda
5 Jenis Patch untuk Kecantikan Kulit Anda

Mulai dari mengatasi mata panda, kulit kendur, hingga jerawat--berikut adalah lima jenis patch yang bisa An...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More