Jangan Takut Punya Pori-pori Wajah Besar, Ini Dia Tips Makeup-nya!

June 20, 2018 Chatarina Komala

Merias wajah, kerap jadi “PR” bagi pemilik kulit berpori-pori besar. Salah pakai produk, bisa berisiko jerawat. Belum lagi, masalah tampilan wajah yang berminyak dan jadi tidak natural.

Kadang kala, Anda pemilik kulit berpori-pori besar cemas saat harus menggunakan riasan wajah. Salah pakai produk, bisa memicu penumpukan kotoran, bahkan bakteri pemicu jerawat. Sementara itu, sudah memakai produk yang tepat pun, kulit berisiko cepat berminyak, sehingga wajah tampak kusam.

Memang, mengecilkan pori-pori bukan hal yang mudah. Namun, Anda masih bisa menyamarkannya dengan teknik makeup yang tepat. Lantas, bagaimana caranya?

 

1. Bersihkan Pori-pori Wajah

Ilustrasi: www.marieclaire.co.uk

Sebelum mulai berdandan, pastikan pori-pori wajah Anda bersih terlebih dulu. Caranya beragam, bisa menggunakan masker (pore mask), eksfoliasi, atau sekadar membersihkannya dengan facial foam. Kalau bisa, lakukan hal ini secara rutin. Sebab, pori-pori wajah yang besar biasanya akan lebih rentan terhadap penumpukan kotoran dan minyak. Nah, untuk hasil yang maksimal, Anda juga menambahkan serum yang berfungsi mengecilkan pori-pori wajah. Gunakan sebelum tidur dan merias wajah, untuk mendapatkan kulit yang lebih lembap, halus, dan lembut.

 

2. Gunakan Primer

Ilustrasi: www.extrabeautycare.com

Setelahnya, aplikasikan primer pada wajah. Khusus untuk yang berpori-pori besar, bisa gunakan produk berlabel pore. Adapun produk ini tidak hanya akan membuat makeup tahan lama, melainkan juga membantu menyamarkan pori-pori wajah.

 

3. Tambah Foundation

Ilustrasi: www.rd.com

Eits, tapi bukan sembarang foundation, ya. Produk yang cocok untuk kulit Anda adalah foundation (atau bisa pakai BB cream) dengan hasil yang matte. Pasalnya, produk jenis ini akan membantu menyamarkan pori-pori dan bikin kulit flawless ketimbang foundation jenis glowing atau dewy. Agar foundation lebih menyatu dan menutup pori-pori, gunakan juga beauty blender yang lembap atau kuas lembut.

Jika harus merias wajah setiap hari, hindari pula pemakaian high coverage foundation. Biasanya, produk ini mengandung formula yang lebih berat. Jadi, penggunaan dalam waktu lama hanya akan menyumbat pori-pori. Sebagai gantinya, gunakan light coverage foundation.

 

4. Produk yang Mengandung Mineral

Ilustrasi: www.independent.co.uk

Untuk pemakaian sehari-hari, Anda bisa memilih produk makeup yang mengandung mineral. Kandungan alami seperti titanium dioxide, cilica, talc, hingga zinc oxcide baik dan “ramah” bagi Anda pemilik pori-pori besar.

 

Previous Article
Pagi Jadi Lebih Produktif dengan 5 Cara Ini!
Pagi Jadi Lebih Produktif dengan 5 Cara Ini!

Pernah merasa kalau Senin terasa menakutkan? Bisa jadi, ketakutan ini ada karena Anda belum melakukan kegia...

Next Article
Wahai Perempuan, Sudah Coba Lipstik Bubuk Ini?
Wahai Perempuan, Sudah Coba Lipstik Bubuk Ini?

Ada beragam bentuk lipstik. Mulai dari padat (stik), cair, hingga bertekstur seperti krim. Namun, bagaimana...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More