Pagi Jadi Lebih Produktif dengan 5 Cara Ini!

June 20, 2018 Chatarina Komala

Pernah merasa kalau Senin terasa menakutkan? Bisa jadi, ketakutan ini ada karena Anda belum melakukan kegiatan produktif berikut!

Meningkatkan kembali mood bekerja selepas liburan panjang memang bukan perkara mudah. Apalagi, begitu dihadapkan pada “tagihan” tugas dan deadline yang menumpuk. Ingin rasanya menghilang dan melarikan diri. Namun, kalau begitu terus, pekerjaan tidak akan selesai, bahkan terus bertambah.

Sebenarnya, kunci lebih produktif ada pada aktivitas yang Anda lakukan setiap paginya. Tidak perlu bangun pagi dan langsung bekerja. Sebaliknya, Anda bisa melakukan banyak hal di pagi hari untuk menenangkan diri, meningkatkan suasana hati, dan produktivitas bekerja. Sebelum tugas bertambah banyak, yuk, selesaikan satu-satu. Dimulai dari melakukan beberapa kegiatan berikut.

 

1. Bangun Pagi, Beres-beres!

Ilustrasi: www.morningtea.in

Percaya atau tidak, segala keteraturan membuat mood Anda terasa lebih baik, lho. Tidak perlu membersihkan seluruh rumah atau meja kerja. Cukup yang paling dekat: tempat tidur.

Ketika bangun, langsung rapikan tempat tidur Anda. Secara otomatis, cara ini akan memberikan “kebanggaan” dan semangat, kalau Anda sudah berhasil menyelesaikan pekerjaan pertama. Suasana hati pun jadi lebih baik dengan satu langkah sederhana.

 

2. Tetap Tenang

Ilustrasi: www.gijoburgsouth.sites.caxton.co.za

Bangun tidur, tidak perlu buru-buru mengecek email atau agenda. Santai saja. Pergilah ke luar dan hirup udara segar. Toh, dengan bangun lebih pagi, Anda jadi punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai.

Tenangkan pikiran lebih dulu. Anda bisa melakukannya sembari meditasi, berdoa, membaca buku, mendengarkan musik, atau nongkrong di teras sembari minum kopi atau teh. Adapun pikiran yang tenang bisa meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Nah, kalau mood sudah lebih baik, produktivitas kerja pun akan melesat.

 

3. Olahraga

Ilustrasi: www.d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net

Anda bisa melakukannya setiap hari atau dua kali dalam seminggu. Bagaimanapun, olahraga penting. Pasalnya, bisa jadi produktivitas dan mood Anda menurun, lantaran tubuh yang kurang fit. Tidak perlu langsung berolahraga berat. Toh, Anda bisa sekadar jogging, berjalan-jalan keliling kompleks, atau melakukan yoga di rumah.

 

4. Susun To Do List

Ilustrasi: www.theverge.com

Setelah pikiran lebih tenang, sekarang saatnya menyusun to do list hingga akhir hari. Anda bisa memulai dari yang paling mudah dulu. Misalnya, membalas email kantor, menghubungi klien, baru beralih ke hal yang sulit seperti meeting atau merancang strategi.

To do list sudah siap, jangan lupa berikan estimasi waktu pengerjaan. Untuk menambah semangat, Anda juga bisa merancang rewards ketika sudah menyelesaikan pekerjaan, seperti makan camilan favorit, main game, membaca buku, hingga menonton bioskop saat pulang kantor. Namun, ingat, rancanglah to do list yang realistis, ya. Artinya, bisa Anda selesaikan dalam waktu satu hari.

 

5. Sarapan Itu Penting

Ilustrasi: www.realfood.tesco.com 

Apa pun kondisinya, entah ingin diet atau sedang malas masak, jangan lupa: sarapan itu penting! Bagaimanapun, sarapan membuat Anda lebih bertenaga untuk menjalani beberapa jam ke depan. Nah, untuk semangat dan produktivitas yang lebih maksimal, jangan lupa membekali diri dengan sarapan bernutrisi, ya. Mudah, kok. Anda bisa mencoba aneka menu sehat seperti telur, roti, susu, yoghurt, buah, hingga sayur dan kacang-kacangan.  

Previous Article
Tinggal Telepon, Nikmati Layanan Home Spa Jabodetabek Berikut!
Tinggal Telepon, Nikmati Layanan Home Spa Jabodetabek Berikut!

Ini solusi bagi Anda yang ingin perawatan, tetapi sibuk atau justru malas keluar rumah!

Next Article
Jangan Takut Punya Pori-pori Wajah Besar, Ini Dia Tips Makeup-nya!
Jangan Takut Punya Pori-pori Wajah Besar, Ini Dia Tips Makeup-nya!

Merias wajah, kerap jadi “PR” bagi pemilik kulit berpori-pori besar. Salah pakai produk, bisa berisiko jera...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More