Punya Masalah Jerawat Punggung? Mungkin Ini Sebabnya!

June 26, 2018 Chatarina Komala

Jarang tampak, banyak orang kerap mengabaikan jerawat yang tumbuh di wajah. Padahal, selain merepotkan--jerawat di punggung juga bisa menjadi indikasi masalah kesehatan Anda, lho.  

Tidak seperti jerawat pada wajah, faktanya, banyak perempuan santai-santai saja menanggapi jerawat yang muncul di punggung. Tentu saja, sedikit membuat repot jika Anda ingin menggunakan pakaian yang menampakkan area punggung. Namun, jika tidak, hal ini bukan masalah besar.

Rupanya jerawat di punggung berbeda dengan yang biasa tumbuh di wajah. Perbedaan terletak pada ukuran pori-pori punggung yang lebih besar; sehingga jerawat akibat minyak dan kotoran yang menyumbat lebih cepat muncul. Tidak heran, ukurannya pun sering kali lebih besar ketimbang yang tumbuh di wajah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa cara. Misalnya, melakukan facial punggung, menggunakan sabun antibakteri atau asam salisilat, hingga produk pencegah jerawat. Namun, sebelum mengobatinya, ketahui beberapa faktor penyebab jerawat punggung berikut.

 

1. Pakaian yang Terlalu Ketat

Ilustrasi: www.bajusenammalang.com

Bagaimanapun, pori-pori kulit butuh ruang bernapas. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat hanya akan menghalangi ruang napas, sehingga kulit akan lebih mudah iritasi. Nah, jika memiliki masalah jerawat punggung, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperhatikan jenis pakaian yang digunakan. Hindari pemakaian baju ketat selama satu minggu, dan lihat perubahannya.

 

2. Memakai Baju Terlalu Lama

Ilustrasi: Youtube

Apakah Anda jarang mengganti baju atau justru kerap menggunakan baju dalam durasi yang terlalu lama? Jika ya, segera hilangkan kebiasaan itu, ya. Pasalnya, penggunaan pakaian terlalu lama; apalagi jika sedang berkeringat akan memicu pertumbuhan bakteri di kulit.

Selain jerawat, pakaian yang terkena keringat juga bisa mengakibatkan ruam, infeksi, bahkan menurunnya sistem imun. Adapun kondisi lain, jerawat punggung juga bisa tumbuh dari seprai yang kotor. Itu sebabnya, pastikan Anda mencuci seprai dengan bersih, setidaknya dua minggu sekali.

 

3. Gesekan   

Ilustrasi: www.sehatindong.blogspot.com

Jerawat punggung juga bisa muncul akibat gesekan mekanis (acne mechanica). Ini adalah gesekan yang bisa memicu kelenjar dan pertumbuhan jerawat. Adapun penyebabnya beragam, seperti penggunaan tas punggung, alat olahraga, atau aksesori lainnya.

 

4. Pengaruh Hormon

Ilustrasi: www.murtelacosmetics.com

Kalau seluruh penyebab di atas sudah dihindari, tetapi jerawat tidak juga hilang--ini artinya ada masalah dengan “tubuh” Anda. Biasanya, pemicunya adalah ketidakseimbangan hormon. Kondisi lain, jerawat di punggung juga bisa timbul karena faktor genetis dan gaya hidup. Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dermatolog untuk mengetahui detail penyebab sekaligus cara mengatasinya.

 

5. Pemakaian Obat

Ilustrasi: www.theconversation.com

Jangan salah, obat yang Anda konsumsi bisa memberikan dampak bagi tubuh. Salah satunya, munculnya jerawat pada punggung. Bagaimanapun, gejala ini bisa menjadi tanda tubuh tidak sesuai dengan obat yang Anda konsumsi. Jadi, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter, ya.

Previous Article
Sudah 2018, Yuk, Tinggalkan Tren Makeup Ini!
Sudah 2018, Yuk, Tinggalkan Tren Makeup Ini!

Sudah pertengahan tahun 2018, jangan gunakan cara makeup ini lagi, ya.

Next Article
Tinggal Telepon, Nikmati Layanan Home Spa Jabodetabek Berikut!
Tinggal Telepon, Nikmati Layanan Home Spa Jabodetabek Berikut!

Ini solusi bagi Anda yang ingin perawatan, tetapi sibuk atau justru malas keluar rumah!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More