Ini Dia Manfaat Tersenyum di Foto Paspor

June 28, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.jamesgilberdphotography.weebly.com

Kadang kala, sulit rasanya mendapatkan tampilan wajah tersenyum di foto formal seperti paspor atau kartu identitas.

Kendati ingin, sulit rasanya “tersenyum” di foto formal, seperti kartu identitas atau paspor. Faktor penyebabnya beragam, entah rasa sungkan karena harus segera bergantian dengan orang lain, malu karena “dilihat” banyak orang, atau justru soal hitungan yang tidak tepat. Akibatnya, foto pun jadi tidak maksimal. Jangankan tersenyum, posisi kepala, mata, atau bibir bahkan sering kali tampak tak presisi.

Namun, tahukah Anda, rupanya ekspresi senyum pada foto bisa mencegah penipuan identitas? Setidaknya, hal ini diungkapkan oleh sebuah studi yang digagas peneliti dari University of York, Inggris. Berbekal pengalaman sebelumnya, mereka mengungkapkan bahwa para petugas imigrasi amat sulit mencocokkan wajah yang tidak dikenal. Lain halnya, jika seseorang dalam foto tersebut menunjukkan ekspresi senyum. Itu sebabnya, untuk mencegah penipuan identitas, tersenyumlah dengan mulut terbuka.   

 

Kesulitan Mencocokkan

Ilustrasi: www.camerahousenz.com

Untuk memvalidasi hipotesis, penelitian ini meminta 40 relawan untuk mencocokkan 60 foto wajah yang tidak mereka kenal. Dari sana, terdapat dua ekspresi foto yang harus dianalisis. Pertama, ekspresi wajah netral dengan senyum terbuka (mulut) dan netral dengan senyum tertutup. Mereka juga diminta untuk mencocokkan gambar, tetapi hanya bagian bawah wajah saja yang terlihat.

Adapun hasilnya menunjukkan, kemampuan peserta meningkat sembilan persen, ketika mengidentifikasi foto yang tersenyum. Sementara itu, ada peningkatan sebesar tujuh persen, saat peserta membandingkan dua berbeda yang mirip.

Previous Article
Ini Dia 5 Cara Mengatasi Breakout pada Wajah
Ini Dia 5 Cara Mengatasi Breakout pada Wajah

Jangan keburu panik, ini dia lima cara mengatasi breakout pada wajah.

Next Article
5 Cara Mempertahankan Suasana Hati Setelah Bangun Pagi
5 Cara Mempertahankan Suasana Hati Setelah Bangun Pagi

Bagi sebagian orang, bangun pagi adalah hal yang sulit. Belum lagi, mempertahankan suasana hati agar tetap ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More