Percaya atau Tidak, 3 Keadaan Ini Bikin Anda Boros Saat Berbelanja!

July 18, 2018 Chatarina Komala

Sudah datang ke supermarket dengan daftar belanjaan, tahu-tahu ada saja barang tambahan yang bikin anggaran membengkak. Sebetulnya, apa, sih, penyebab sikap impulsif ini?

Suka atau tidak suka, berbelanja sudah jadi ritual yang harus Anda lakukan setidaknya satu bulan sekali. Tujuannya beragam, mulai dari memenuhi kebutuhan hidup yang paling dasar, mengisi waktu luang, hiburan saat stres melanda, hingga sekadar memanfaatkan momentum diskon. Sayangnya, masalah muncul ketika godaan demi godaan muncul saat berbelanja. Tidak jarang, Anda pun jadi impulsif dan membeli barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Untungnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari boros saat berbelanja. Salah satunya, menghindari beberapa kondisi yang berpotensi bikin Anda boros. Apa saja?

 

1. Stres

Ilustrasi:  www.askdrmanny.com 

Tidak sedikit perempuan yang berbelanja untuk melampiaskan rasa stres akibat beban pikiran yang berat. Padahal, saat berada dalam kondisi ini--Anda akan sulit berpikir panjang dan bijak. Akibatnya, ya asal belanja sesuka hati, sekalipun Anda tidak memerlukan barang tersebut.

Ketika stres melanda, segera hindari pergi ke tempat-tempat yang berpotensi membuat Anda “menghabiskan” uang. Sebagai gantinya, Anda bisa mengatur janji untuk bertemu teman dan curhat, nongkrong di tempat yang murah atau justru gratis seperti taman kota, atau segera berolahraga dan menyantap makanan sehat.

 

2. Kelelahan

Ilustrasi: www.drmeimaris.wordpress.com

Setidaknya, sebuah penelitian menganjurkan Anda untuk tidak berbelanja setelah jam kerja. Pasalnya, pada saat itu kondisi fisik dan pikiran Anda sedang kelelahan. Nah, kelelahan inilah yang akhirnya akan mematikan area otak yang bertugas mengontrol keputusan. Jika dibiarkan, ketidakmampuan ini bisa memicu Anda berbelanja dengan lebih impulsif. Solusinya, Anda bisa menahan hasrat untuk berbelanja, lalu beristirahatlah saat tubuh atau pikiran merasa lelah. Nah, jika Anda memang perlu untuk berbelanja, lakukanlah di keesokan harinya.

 

3. Godaan Cicilan dan Diskon

Ilustrasi: www.masbrooo.com

Jauh lebih baik, jika Anda membeli sesuai kemampuan kocek. Pasalnya, sistem cicilan sebenarnya membuat Anda harus membayar lebih mahal. Di sisi lain, pikiran pun jadi tidak tenang--sebab Anda masih punya tanggungan yang belum dibayar.

Sementara itu, sulit memang menolak godaan diskon. Apalagi, kalau sudah di atas 50%. Namun, harus diingat, tidak jarang--banyak yang sudah menaikkan harga sebelum didiskon. Selain itu, barang yang didiskon biasanya juga berkualitas buruk. Alih-alih hemat, Anda pun jadi lebih boros dan tidak memanfaatkan uang dengan baik, kan?

Previous Article
Hal-hal yang Harus Anda Ketahui Soal Penggunaan Sheet Mask!
Hal-hal yang Harus Anda Ketahui Soal Penggunaan Sheet Mask!

Ada banyak pertanyaan seputar penggunaan sheet mask. Yuk, ketahui jawabannya!

Next Article
Begini Cara Agar Makeup Tidak Luntur Saat Cuaca Panas
Begini Cara Agar Makeup Tidak Luntur Saat Cuaca Panas

Memasuki musim kemarau, harus siap-siap dengan cuaca panas. Apalagi, bagi Anda yang tinggal di negara tropi...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More