3 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi

July 26, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.saliha.id

Apa pun penyebabnya, gejala kulit dehidrasi tidak boleh dibiarkan. Ini dia tiga cara mengatasinya!

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sebetulnya gejala kulit dehidrasi? Secara umum, dehidrasi pada kulit bisa dikenali dari kecenderungan kulit merah, gatal, mengelupas, bahkan terasa kering. Gejala lain, bisa terlihat dari tampilan kulit yang kusam, kering, kencang, hingga munculnya garis-garis halus pertanda iritasi.

Memang, ada beragam faktor penyebab kulit jadi dehidrasi. Bisa jadi, hal ini diakibatkan oleh keadaan cuaca, hormon, pola makan, hingga penggunaan produk yang tidak tepat. Namun, sebetulnya penyebab utama kulit dehidrasi adalah tubuh yang kekurangan cairan atau justru memiliki kelembapan yang rendah. Itu sebabnya, berikut adalah tiga cara untuk mengatasi kulit yang dehidrasi.

 

1. Hentikan Penggunaan Produk yang Keras

Pada produk pembersih seperti cleanser jenis foam atau facial wash, terdapat kandungan sodium lauryl sulfate (SLS). SLS sendiri adalah bahan sejenis detergen yang berfungsi untuk membersihkan minyak, kotoran, atau bakteri dari permukaan kulit.

Sayangnya, bagi Anda pemilik kulit sensitif dan dehidrasi, pemakaian produk dengan kandungan ini tidaklah cocok. Memang, kulit Anda terbebas dari kotoran maupun bakteri. Namun, bahan ini akan membuat kulit jadi semakin kering, terasa gatal, bahkan kemerahan. Nah, sebagai gantinya--Anda bisa menggunakan produk pembersih yang lebih ringan, seperti cleansing balm, oil, atau losion.

 

2. Hidrasi Kulit Anda

Anda tentu tahu, lawan kata dari dehidrasi--adalah hidrasi. Sebetulnya, inilah “kunci” untuk mengatasi kekeringan yang terjadi pada kulit. Nah, selain mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup, Anda juga dapat menggunakan serum yang berbahan dasar air atau setidaknya--mampu mempertahankan kadar air di kulit.

Adapun cara lain, bisa juga menambahkan pemakaian hydrating toner atau pelembap. Bagaimanapun, kulit yang dehidrasi cenderung kering, kemerahan, dan terasa perih. Nah, produk ini bisa membantu menenangkan kulit sekaligus menghidrasinya.

 

3. Rutin Menggunakan Tabir Surya

Banyak kasus dehidrasi terjadi lantaran terlalu lama terpapar sinar Matahari. Ini sebabnya, salah satu cara untuk mengatasi sekaligus memberikan perlindungan lebih lanjut pada kulit, adalah dengan rutin menggunakan tabir surya. Cara lain, adalah dengan mengeringkan krim perawatan yang menyebabkan kulit kering, gatal, atau kemerahan. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Previous Article
Atasi Kulit Berjerawat dengan Masker Buatan Sendiri
Atasi Kulit Berjerawat dengan Masker Buatan Sendiri

Jenis kulit berjerawat, memang butuh perawatan ekstra. Alih-alih hilang, salah pakai produk bisa bikin jera...

Next Article
Cara Cepat Mengatasi Kulit Terbakar Sehabis Liburan
Cara Cepat Mengatasi Kulit Terbakar Sehabis Liburan

Pikiran sudah segar karena liburan, jangan sampai bawa “oleh-oleh” kulit terbakar yang menetap dalam waktu ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More