6 Langkah Facial Mudah di Rumah

August 6, 2018 Chatarina Komala

Siapa, sih, yang nggak ingin kulit selalu cerah, halus, dan bersih?

Sebagai bagian dari perawat wajah, banyak perempuan rutin melakukan facial, setidaknya satu bulan sekali. Ketika facial, kulit wajah akan dibersihkan dari kotoran maupun tumpukan lemak yang berpotensi jadi komedo atau jerawat, serta diberikan nutrisi melalui masker dan serum. Nah, selain di salon atau klinik kecantikan, Anda pun bisa melakukan facial sendiri di rumah, lho. Tahapannya pun nggak ribet dan cenderung lebih murah. Sisi lain, Anda pun bisa memastikan prosesnya benar-benar steril dan menggunakan bahan-bahan aman.

 

1. Bersihkan Wajah

Ilustrasi: www.thetrentonline.com

Jangan memulai facial tanpa membersihkan wajah lebih dulu. Pasalnya, selain meminimalkan iritasi akibat kotoran, wajah yang bersih juga memudahkan penyerapan vitamin maupun zat yang diberlukan kulit. Nah, saat membersihkan wajah, Anda bsia menggunakan beragam jenis pembersih--asalkan cocok dengan kondisi kulit wajah, ya.

 

2. Pijat dan Relaksasi Wajah

Ilustrasi: www.thisthatbeauty.com 

Ambil beberapa tetes minyak zaitun, pelembap, atau krim pijat wajah. Usapkan di wajah, lalu pijat pelan-pelan. Nah, selain lebih relaks, memijat wajah juga bisa melancarkan peredaran darah, lho. Jadi, wajah tampak lebih segar.

 

3. Scrubbing

Ilustrasi: www.huffingtonpost.com 

Scrubbing dimaksudkan untuk mengangkat kulit mati pada wajah. Di tahap ini, Anda bisa menggunakan produk apa pun, asalkan cocok dengan kulit. Saat ini sendiri, sudah banyak produk face crub yang tersedia di supermarket. Bentuknya juga beragam, ada yang dikombinasikan dengan facial wash, krim, hingga bubuk. Namun, kalau mau yang lebih alami, Anda bisa bikin scrub sendiri dengan memanfaatkan gula pasir, air mawar, dan minyak zaitun.

 

4. Uapi Pori-pori

Ilustrasi: www.daengferdi.blogspot.com

Langkah selanjutnya adalah dengan menguapi pori-pori kulit. Tujuannya, adalah untuk membuka pori-pori, sehingga langkah membersihkan wajah dari kotoran maupun komedo jadi lebih mudah. Nah, kalau tidak punya alatnya, Anda bisa menggunakan baskom berukuran sedang yang diisi air panas. Posisikan wajah di atas baskom, lalu biarkan wajah terkena uapnya selama lima hingga delapan menit. Setelahnya, keringkan wajah menggunakan handuk halus atau tisu.

 

5. Membersihkan Komedo

Ilustrasi: www.thrivemarket.com 

Apalah artinya facial tanpa komedo yang pergi jauh-jauh. Bisa dikatakan, inilah tahap paling seru dan ditunggu-tunggu saat facial. Untuk melenyapkan komedo membandel, Anda bisa menggunakan produk pore strip yang tersedia di pasaran, atau alat pencabut komedo yang dijual di toko kecantikan. Namun, sebelum digunakan, pastikan alatnya sudah steril, ya. Kalau sudah bersih, jangan lupa cuci wajah dengan air untuk menghilangkan sisa komedo.

 

6. Masker dan Serum

Ilustrasi: www.womenfitness.net 

Setelah wajah bersih, saatnya menutrisi kulit dengan masker. Anda bisa menggunakan produk masker yang tersedia di pasaran; atau justru membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang tersedia di rumah. Nah, agar lebih maksimal, aplikasikan pula serum dan pelembap.

Previous Article
Pilihan Jeans yang Tepat Agar Kaki Lebih Jenjang
Pilihan Jeans yang Tepat Agar Kaki Lebih Jenjang

Tiga pilihan celana jeans ini bisa bikin kaki Anda tampak jenjang.

Next Article
7 Pose Unik Pria yang Mengabadikan Momen Pasangannya, Harus Rela Jongkok hingga Tidur di Jalan!
7 Pose Unik Pria yang Mengabadikan Momen Pasangannya, Harus Rela Jongkok hingga Tidur di Jalan!

Di balik foto-foto cantik dan unik seorang perempuan di media sosialnya--pasti ada si fotografer yang harus...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More