Cara Diet Paling Ampuh Untuk Turun Berat Badan Dengan Cepat!

August 8, 2018 Ririe Prameswari

Buat kalian yang sudah berteman dengan aku di instagram @ririeprams pasti sudah tahu kan ya kalau saat ini aku sedang mengubah pola hidup, salah satunya adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Bukan tanpa alasan, tapi karena awal Juni 2018 aku terkena serangan stroke ringan! 

Cara Paling Ampuh Turun Berat Badan 6-8 kg Dalam 2 Bulan!

Iya seriusan! Di umur yang belum mencapai 30 tahun ini, aku terkena stroke ringan karena pola hidup yang gak sehat. Dan saat itu juga aku langsung ubah pola makan jadi lebih sehat sekaligus diet sehat, dan bonusnya aku berhasil menurunkan berat badan hingga 6 kg in less than 2 months. Penasaran caranya? Baca sampai habis ya!

Gimana ceritanya bisa tahu kalau terkena stroke ringan?

Di bulan Mei 2018 aku mengalami depresi, under pressure karena kerja gak sesuai passion alasannya!  Akhirnya aku memutuskan resign dan untuk melupakan stres yang sudah dilalui, aku jadi sering begadang sambil bikin strategi untuk sosial media aku sendiri sambil nyemil macem-macem tiap malem hahaha.

Lalu di awal Juni, aku sekeluarga (suami dan baby) liburan ke Thai sekalian merayakan ulang tahunku yang ke 28. Nah! Pas banget aku lagi liburan, tiba-tiba aja deadline freelance numpuk minta ini itu dan kepalaku rasanya pusing gak karuan!!!! Bahkan di malam ulang tahunku pun aku harus begadang buat ngelarin deadline video untuk freelance. 

Pas bangun tidur, di hari ulang tahunku, tiba-tiba aja mataku rasanya kayak berembun, berbayang, penglihatan gak jelas! Super gak karuan! Sambil kucek-kucek mata, aku jalan turun tangga, dan JATOH! HAHAHA. Kaki terkilir, penglihatan gak jelas, leher sakit, badan sakit, semua sakit!

Akhirnya selama liburan di Thai pun aku jadi gak bisa ngapa-ngapain, karena jalan sebentar aja mata panas rasanya, belum lagi migrain dan tengkuk berat banget.

Sampe Jakarta, aku langsung ke dokter mata dan dirujuk ke spesialis saraf mata. You know what! Pertama aku divonis kena diplopia oleh dokter mata biasa, dan di dokter saraf aku dikasih tahu kalau aku terkena STROKE RINGAN dan ada pergeseran penglihatan di mata kiri sekitar 4 derajat. Aku disuruh segera periksa darah lengkap, untuk tahu penyebab internalnya dan HARUS segera diobati sebelum ada serangan berikutnya yang lebih GANAS.

Kira-kira kayak gini penglihatanku saat terkena stroke ringan:
stroke ringan - diplopia
ilustrasi: google

Karena aku melihatnya ganda (atas dan bawah), jadi aku gak bisa bedain mana objek yang benar, dan mana bayangannya! 

Setelah cek darah, disitu posisiku sudah puasa lebih dari 10 jam ya dan kolestrolku sampai 280 hahaha. Berarti pas terkena stroke itu, kemungkinan di atas 300 (logikanya sih begitu). GILAK SIH! Jadi penyebabnya adalah karena lemak jahat yang bikin kolestrol naik!!!!

Setelah tahu penyebabnya, gak ada lagi tuh ikutin quotes "diet always start tomorrow" SAAT ITU JUGA AKU DIET dan mengubah pola hidup, terutama pola makanku!

Dan gak nyangka, di awal Agustus 2018 aku sudah berhasil menurunkan berat badan hingga 6 kg! Targetku sih 5 kg lagi sampai ke berat ideal (sambil nyelem minum air ya kaaaan) hehehe bisa gak ya?

Ini pola hidup aku yang ampuh nurunin kolestrol dengan cepat sekaligus bonusnya turun berat badan juga!

Tidur yang Teratur!

Percaya deh! Begadang itu gak ada untungnya! Tidur teratur di malam hari selama 8 jam bikin badan bugar dan saat bangun tidur di pagi harinya, pastinya akan lebih bersemangat.

Minum Air Putih + Infused Water yang Banyak!

Bangun tidur, hal pertama yang aku lakukan adalah minum air putih. Tapi saat kolestrolku naik, aku setiap saat harus minum infused water yang isinya buah lemon saja. Itu sudah cukup membantu mempercepat penurunan kolestrol dan menormalkan juga sih sebenarnya.

Kalau katanya sehari itu baiknya minum 2 liter, aku bisa 3 liter sehari! Karena aku percaya, air putih itu gak hanya baik untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan kulit.

Pola Makan yang Sehat!

Ini sih yang paling berpengaruh! Aku bener-bener hampir gak pernah makan gorengan lagi, mie instan pun aku jatahin maksimal banget seminggu sekali. Itu pun mienya aku ganti pakai shirataki. Lalu untuk cara makannya, aku memilih untuk 5 kali dalam sehari dengan cara gini:

- 8AM : sarapan pakai overnight oats, atau granola + plain yogurt, atau oats + yogurt (pokoknya aku selalu sarapan oats)
- 10 AM : nyemil sehat! Biasanya aku makan buah pisang atau buah naga, atau apa saja yang lagi ada di rumah hehe.
- 12 AM : siang waktunya makan berat! Aku lebih memilih untuk makan ayam bakar ketimbang ayam goreng! Lalu pakai sayur-sayuran yang banyak (biasanya aku beli salad to go di supermarket buat disambi makan beratnya).
- 3 PM : waktunya ngunyah! Aku biasanya makan apa saja yang penting rebus-rebusan atau sayur kugado saja secukupnya, sekitar 100-200gram.
- 5 atau 6 PM : ini jatah makan terakhir! Kalau aku biasanya untuk menghargai orang rumah yang udah masak subuh-subuh, ya aku makan saja makanan yang ada di rumah tapi tetap tanpa nasi. 

Setelah itu aku gak makan lagi sampai keesokan harinya! Hanya minum air putih. Alhamdulillah walaupun masih menyusui, tapi dengan pola makan seperti ini perutku rasanya selalu full dan belum pernah kena mag sama sekali. Selalu penuh, kenyang dan bisa bikin bobok pules hahahaha.

Oh ya, yang aku rasakan setelah aku stop nasi sih metabolisme aku jadi bagus ya. Yang tadinya susah banget BAB, jadi rutin. Eh ada satu lagi nih hampir ketinggalan!

Jangan Lupa Olahraga!

Aku selalu meluangkan waktu setiap hari sekitar 15 menit untuk olahraga cardio pakai youtube aja. Yang penting bergerak dan berkeringat untuk bakar kalori makanannya hahaha. 

Sesungguhnya, gak ada ruginya kok dari sedini mungkin mulai hidup sehat untuk menyayangi diri sendiri. Oh ya, kalau misal kalian bingung sama pola makannya, silakan disesuaikan saja dengan lidah masing-masing untuk menunya ya, yang penting sih jamnya harus teratur.

Lalu kalau kalian mau bilang "DUH AKU MANA BISA STOP NASI! AKU PENGEN DIET TAPI GAK BISA!" ya itu sih terserah kalian masing-masing, kalau aku sih sudah cukup terkena teguran Tuhan. Alhamdulillah hanya ditegur ya, belum dipanggil ahahahaha. Jadi aku bisa share kayak gini ke kalian semua.

Ya semoga sharing aku kali ini berguna ya. Percaya deh, gak ada effort yang sia-sia! See you on my next post ya and feel free to drop your questions in the comment section. I'll try my best to answer all questions :)

ririeprams beauty blogger indonesia logo
line@ official ririeprams

Previous Article
Cara Ampuh Menambah Followers Instagram dengan Cepat! Cobain deh!
Cara Ampuh Menambah Followers Instagram dengan Cepat! Cobain deh!

Let me ask you one thing! Is there anyone of you, my loyal readers, who still don't know what instagram is?...

Next Article
Review BB Cream Lokal Purbasari Hydra Series Brightening & Cool
Review BB Cream Lokal Purbasari Hydra Series Brightening & Cool

Sebenarnya sudah satu bulan produk ini aku pakai, tapi baru kepikiran sekarang buat ngereviewnya HAHAHA.Tad...