Tetap Aman, di Negara Ini Catcalling Ada Pasalnya, Lho!

August 9, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.gogirl.id

Risiko pelecehan seksual hingga pemerkosaan mungkin menjadi ancaman sebagian traveler perempuan. Apalagi, ketika harus bepergian seorang diri. Untungnya, kini Anda boleh merasa aman. Pasalnya, sudah ada beberapa negara yang menetapkan tindakan tegas untuk para pelaku catcalling.

Masuk dalam kategori pelecehan seksual, catcalling sendiri memiliki banyak wujud. Mayoritas kasus, memang berupa godaan, siulan, bahkan gestur oleh orang asing kepada seorang/lebih perempuan di tempat umum. Kendati amat mengganggu dan meresahkan, tidak sedikit orang yang menganggap catcalling adalah sesuatu hal yang wajar, bahkan biasa. Namun, bukan berarti dapat dibiarkan. Sebab jika demikian, bisa berpotensi pada hal-hal yang membahayakan, salah satunya pemerkosaan.

 

Denda di Prancis

Ilustrasi: www.share.america.gov

Untungnya, sudah ada banyak negara yang sadar dan memberikan perlindungan kepada perempuan saat beraktivitas di ruang publik. Prancis, misalnya--sudah mengategorikan catcalling sebagai aksi ilegal dan mengatur larangan pelecehan seksual ini di jalanan. Marlène Schiappa, seorang menteri Prancis untuk Kesetaraan Gender sendiri menegaskan, hukum ini berlaku bagi siapa pun--baik warga negara maupun turis--yang melakukan aksi asusila di jalan atau tempat umum. Tidak main-main, pelakunya dikenakan denda hingga €750 atau setara dengan Rp12,5 juta.

Adapun selain Prancis, ada pula Belgia yang memberlakukan undang-undang catcalling. Tentu saja, hal ini bisa jadi jaminan keamanan bagi turis perempuan ketika traveling ke negara yang bersangkutan. Lantas, bagaimana dengan di Indonesia?

Previous Article
Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Air Dingin
Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Air Dingin

Ada banyak trik dan tips menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Namun, bagaimana jika Anda sudah bisa ...

Next Article
Berkenalan dengan Fascia Blaster, Si Tongkat Ajaib yang Bisa Kecilkan Perut
Berkenalan dengan Fascia Blaster, Si Tongkat Ajaib yang Bisa Kecilkan Perut

Pernah dengar fascia blaster? Kalau belum, inilah alat gosok tubuh yang baru-baru ini viral. Kabarnya, alat...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More