5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

October 1, 2018 Ola Aswandi

cover-Ariston-Water-Heater-24 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ketika baru melahirkan mas Kal dan juga Baby Kai, kami selalu disibukkan dengan ritual memasak air untuk keperluan mandi si bayi. Sebenarnya di rumah ada sih yang namanya water heater alias pemanas air, tapi karena daya listriknya besar, kami jadi malas pakainya, apalagi kalau AC kamar masih menyala, bisa-bisa jleb listriknya mati. Alih-alih terbantu, malah jadi ngerepotin, hiks..

Bagi keluarga kecil seperti kami yang tinggal di ibukota, rasanya untuk kepraktisan harus banget punya pemanas air. Tapi di satu sisi galau juga sih karena daya listriknya yang besar. Padahal mandi air hangat untuk bayi banyak manfaatnya, udah tahu belum moms?

Ariston-Water-Heater-4 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-5 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-16 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Sekitar dua minggu yang lalu saya sempat menghadiri sebuah event Community Gathering bersama Mommies Daily dan Ariston Thermo Indonesia. Acara ini dihadiri oleh Dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV dari Indonesian Pediatric Dermatologist, Mr. Jacopo Guazzarotti, Marketing & Project Sales Ariston, Ms. Nina Fidyastuti Pratiwi, BM Ariston Thermo Indonesia, dan juga ibu selebriti Putri Titian yang juga merupakan ibu muda.

Ariston-Water-Heater-14 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-15 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-23 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-31 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Dr. Srie yang memang seorang dokter spesialis kulit anak ini banyak memberikan informasi bermanfaat seputar kondisi kulit bayi yang masih sangat rentan dan juga sensitif. Kulit bayi juga 40-60% lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Otomatis perawatan kulitnya juga harus kita perhatikan ya moms. Perawatan kulit bayi ini terdiri dari tiga jenis, yaitu untuk membersihkan bagian badan, rambut, dan juga kulit kepala. Kemudian melembabkan kulit, dan juga untuk proteksi, baik dari paparan sinar matahari, dan juga terhadap popok bayi atau diaper.

Ariston-Water-Heater-22 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-27 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Seperti yang tertera pada foto slide presentasi bu doktor diatas, akibat dari keadaan kulit bayi yang masih sangat sensitif yang ikatan antar sel masih longgar itu adalah kulitnya menjadi rentan terhadap infeksi, iritasi, serta alergi. Kerusakan kulit dan penyerapan melalui kulit juga meningkat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat memilah produk-produk mana yang lembut dan aman untuk bayi. Hindari kandungan SLS, dan juga pilih produk yang tidak pedih di mata. Baby Kai termasuk yang gampang banget kena ruam popok atau iritasi kulit, makanya Kai sekarang sering saya kasih diaper cream dan juga lotion untuk melembabkan tubuhnya agar tidak mudah kering yang berujung pada iritasi berupa gatal dan kulit kemerahan.

 

Lalu apa saja sih manfaat dari air hangat pada saat memandikan bayi?

  • Menstabilkan suhu tubuh

Regulasi suhu tubuh bayi yang belum maksimal ketika baru lahir ini membuat mereka memerlukan mandi rendam dengan suhu hangat (36-37 derajat Celcius) yang konstan. Pastikan seluruh tubuh bayi terendam air agar suhu tubuh konstan dan juga untuk mengurangi evaporasi.

  • Melancarkan peredaran darah

Lancarnya sirkulasi darah dapat memberikan rasa nyaman dan juga terhindar dari capek dan pegal. Bayi yang rileks otomatis lebih anteng ya kaan buibuuk.

  • Membersihkan tubuh dari kotoran

Ketika bayi mandi dengan air hangat, pori-pori kulitnya pun terbuka, sehingga kita lebih mudah membersihkan kotoran. Tidak perlu digosok keras-keras ya moms, cukup diusap lembut saja menggunakan sabun khusus bayi

  • Menyembuhkan penyakit

Bayi mudah terkena penyakit seperti batuk dan pilek, dimana lendir di dalam tubuh tidak bisa mereka keluarkan sendiri. Mandi air hangat dapat membantu agar lendir tersebut keluar dengan sendirinya

  • Melembabkan kulit

Cukup mandikan bayi dengan air hangat selama 5 menit saja, maka kulit bayi akan lebih lembab. Cara yang mudah, dan juga aman ya kaan..

 

Lantas bagaimana dong supaya bayi bisa mandi air hangat tapi gak bikin repot dan deg-degan tiap kali harus bawa-bawa panci berisi air panas ke kamar mandi setiap pagi?

Yaa memang harus pasang pemanas air alias water heater sih buibuuk. Beruntung Ariston Thermo Indonesia punya beragam jenis produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Dengan kualitas dan value to money, produk Ariston merupakan yang terbaik karena dibuat oleh para ahli.

Masih ngerasa lebih boros ah pakai water heater dibandingkan masak air pakai kompor gas?

Nih saya punya insight yang cukup membuka mata niiih..

Asumsikan kita memilih Ariston tipe WH 15L. Maka perbandingannya adalah sebagai berikut:

perbandingan-harga-air-rebus-dan-water-heater 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Ternyata lebih hemat kan buibuuuk.. FYI kalau pemanas air kapasitasnya 15L, berarti itu cukup untuk 2 orang. Kalau ternyata jumlah anggota keluarga lebih dari itu, kita bisa pilih yang kapasitas airnya lebih besar, yaitu 20L, 30L, dan seterusnya.

Dari sisi desain, saya sih naksir banget sama tipe SLIM (kapasitas 20L & 30L). Modelnya gak kayak water heater deh, dan bikin kamar mandi jadi makin kece, clean, stylish, dan modern kalau ada si Ariston tipe SLIM ini. Apalagi daya listriknya rendah, cuma 350 Watt ajaah.. Hemmm cucok nih buat di rumah.

Nih yaa saya kasih lihat penampakan aslinya..

Ariston-Water-Heater-49 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-45 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Selain yang tipe SLIM, ada juga yang gak kalah kece, yaitu tipe ANDRIS LUX.

ANDRIS LUX adalah electric storage water heater. sebagai produk water heater pertama di Indonesia yang memiliki heating element dilapisi Incoloy Enamel. Selain berfungsi untuk melindungi, lapisan Incoloy Enamel juga mencegah kalsium yang terkandung dalam air menempel di heating elementsehingga proses pemanasan menjadi lebih efisien.

Ariston-Water-Heater-39 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-52 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

ANDRIS LUX juga dilengkapi dengan teknologi flexomix terbaru yang membuat temperatur yang keluar dari water heater menjadi lebih stabil, karena air dingin yang masuk tidak langsung tercampur dengan air panas. Teknologi ini juga meminimalisir terjadinya sumbatan pada pipa akibat sedimen dalam air yang biasa terjadi pada water heater lain. Beuuh mantaaap. Desainnya pun elegan banget!

Selain itu juga ada beberapa tipe lain seperti FAST R, dan juga ANDRIS AG+ yang punya spesifikasi gak kalah mumpuni.

Ariston-Water-Heater-43 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-40 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-42 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Overall saya percaya sama kualitas dari ARISTON yang udah lama banget malang melintang di dunia water heater ini. Untuk teknologi pun selalu terdepan, desainnya juga stylish. Aman dan after sales service-nya juga udah mumpuni. ARISTON always on!

Ariston-Water-Heater-10 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-32 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk BayiAriston-Water-Heater-33 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Ariston-Water-Heater-37 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Ola Aswandi

Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE CONTENT, PHOTOS,  AND VIDEOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi73 unique page views

Previous Article
Review Sumber Ayu Cream Wash dengan Whitening Extract
Review Sumber Ayu Cream Wash dengan Whitening Extract

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.. Sebagai seorang istri dan ibu yang memiliki dua orang anak -...

Next Article
Rahasia Pribadi #AsikTanpaToxic
Rahasia Pribadi #AsikTanpaToxic

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh, Akui lah, bahwa tinggal di ibukota Indonesia itu berat jendra...