6 Tips Agar Makeup Tidak Pecah atau Cracking di Wajah

October 2, 2018 Safira Nys

Sungguh, aku tau perasaan temen-temen yang kesel karena makeup cepet cracking. Apalagi di bagian smile lines, jadi keliatannya kayak nenek nenek gitu kan padahal kita masih muda berjaya 😥 Meskipun aku bukan makeup artist professional, aku punya beberapa tips untuk mengurangi cracking pada makeup berdasarkan pengalamanku. Waktu wisuda kemarin, aku makeup sendiri dan hasilnya cukup tahan lama. Aku melakukan lima dari enam hal ini sebelum makeup wisuda:

Persiapkan kulit wajah dengan skincare



Sebelum makeupan, setidaknya kulit kamu harus sudah bersih. Lebih baik lagi kalau pakai skincare, jadi kondisi kulitnya bagus. Jangan sampai kulit wajah terlalu kering atau terlalu berminyak. Pakai skincare sesuai dengan keadaan kulit wajah. Kulit wajahku sendiri pun kondisinya ganti-ganti, jadi pakai skincare sesuai kebutuhan.

Skincare yang aku pake sebelum makeupan kalau kulit lagi agak kering: milk cleanser dari Skin Dewi, moisturizer skin dewi + Rosehip seed oil dari Kleveruorganics, Daily protection for acne skin dari elshe skin.

Kalau kulit lagi berminyak/berjerawat jadi pakai: Elshe Skin Facial Wash for acne, Elshe Skin Toner for Acne, Moisturizer skin dewi, Daily Protection for acne dari elsheskin. (Diskon 10% produk Elshes Skin pakai kode SQUADSAFIRA!)

Sebelum pakai foundation, tunggu skincare menyerap




Aku jarang pakai primer, karena belom nemu primer yang ga bikin jerawatan di wajah. Jadi aku anggap daily protection dari elshe skin sebagai sunscreen +primer aja. Soalnya produk ini bikin kulit terlihat lebih cerah kok. Tunggu sampai skincare terakhir menyerap, kalau engga ya nanti foundationnya ga akan nempel ke kulit. Kehalangin skincare gitu~

Pakai foundation tipis-tipis



Ga peduli berapa banyak lapisan foundation, yang penting kamu harus aplikasikan setiap layer foundation tipis-tipis ke wajah. Karena kalau kamu pakai foundation sekaligus banyak tuh ibaratnya numpukin cat langsung ke tembok. Iya sih tebel, warnanya terang. Tapi kan jadi susah diratain?

Lagipula kulit juga ga bisa menahan foundation yang berat kayak gitu. Pakai foundation tipis-tipis aja. Kalau layer pertama udah nge-set (foundation yg matte ya dia akan jadi matte) baru tambahin layer kedua ketiga dst sampe puas. Tujuh lapis juga gapapa gaada yg larang~ (yang penting tipis dan nempel ya!)

Waktu wisuda kemarin, aku pakai foundation dari Maybelline yang Fit Me shade 128. Kamu bisa beli di Sociolla dengan diskon Rp50.000 pakai kode: SBNLA5OP saat checkout ya!

Jangan taruh foundation di area kulit berkeriput

 


Ya meskipun belom tua-tua amat aku sadar lah ya punya keriput seperti di undereye dan smile lines. Jangan oles foundation langsung di area yang memang cenderung melengkung dan keriput. Buat di area rawan creasing itu ya pakenya sisa-sisa foundation dari daerah pipi atau dagu yang ada di kuas atau beautyblender kamu. 

Kalau memang butuh coverage lebih, tambahin concealer di area sekitar bawah mata atau dagu. Jangan di tempat rawan creasing. Baru blend pakai jari atau beautyblender ke daerah rawan itu pelan-pelan aja.

Set pakai setting spray!!!



Buat makeup wisuda aku, yang paling berpengaruh itu adalah setting spray. Setting spray yang bagus bakalan nahan makeup kamu sekuat dan selama mungkin. Makeup wisuda aku gak hilang meski kegaruk atau kena air! (Padahal ada temenku yang garukin muka aku pake kukunya saking penasaran kok makeupnya ga copot-copot.)

Waktu wisuda kemaren, aku pakai setting spray matte dari BYS ini.Airnya agak bau asem gitu, sih. Kayaknya kamu bisa pakai air yang bersifat asam lainnya untuk dijadiin setting spray. Karena (sepertinya) sifat asam ini yang bikin makeup nempel di muka.

Pakai face oil sebelum makeupan



Trik terakhir ini nggak aku coba pas wisudaan, tapi emang ga sengaja aja nyoba-nyoba. Waktu itu aku pakai Rice Bran Oil dari Kleveru sebelum makeupan dan sebelum pakai sunscreen. Ternyata makeup-ku tahan lama sampai malam, padahal udah dibawa tidur siang. Sepertinya kamu bisa pakai face oil apa aja untuk bikin makeup tahan lama, asal pakai Carrier Oil. Bukan Essential Oil.

Aku punya video buktinya:

Samaaaaa. Aku non sender tp aku merasakannya. Nih buktinya. Maap ngambil dr igstory pic.twitter.com/283r4xNB0O
— Safira Nisa (@safiranys) September 30, 2018

Dari enam trik ini, mana yang bakalan kamu coba duluan? Semoga berhasil, ya~

Thanks for Reading!
❤,
— Safira Nisa
Previous Article
[Review] Purbasari Hi-Matte Lipcream Warna Baru 2018 (06, 07, 08, 09, 10, 11)
[Review] Purbasari Hi-Matte Lipcream Warna Baru 2018 (06, 07, 08, 09, 10, 11)

Percaya atau enggak, ini adalah kali pertama kalinya aku nyobain produk Purbasari. Aku nggak begitu familia...

Next Article
[Review] Face Oil untuk Kulit Sensitif dan Acne Prone: Rice Bran Oil Kleveru Organics
[Review] Face Oil untuk Kulit Sensitif dan Acne Prone: Rice Bran Oil Kleveru Organics

Apakah kulit wajah kamu gampang jadi merah-merah kalau udah kena scrub atau dipijat kencang? Apakah kulit w...