Belajar Makeup: Ramadhan 2018 Tanpa Wajah Pucat dan Kering

May 14, 2018 Safira Nys

Waktu naik ojek pangkalan yang di komplek, mang ojeknya bilang: bulan Ramadhan jatuh di musim panas itu rasanya perfecto. Karena kalau siang-siang panas pas lagi puasa itu menantang, jadi lebih kerasa aja puasanya. 

Iyadeh mang gimana mang aja. Saya sih kurang suka ya kalo bulan Ramadhan ada di musim panas. Karena nggak bisa minum, dan kulit jadi kering gituloh. Kalau dandan nanti makeupnya lebih cepet cracking. Belum lagi kalo pake lipcream, bibir makin pecah-pecah aja ya kayaknya 🤣

Sedangkan kalau nggak dandan lagi puasa, keliatannya kayak makin pucet dan lesu gituloh. Jadi di blogpost ini aku mau bikin makeup look yang bikin wajah keliatan segar tanpa numpuk makeup tebel-tebel yang bisa bikin wajah kering (+ cracking). 


Salah satu kunci biar wajah nggak keliatan lesu atau pucat adalah: flawless base. Tanpa kantong mata, tanpa warna kulit yang belang betong. Kulitku tidak cerah dan tidak flawless, jadi aku akalin pakai makeup di bawah ini: 

1. Pakai sunscreen. Di sini aku pakai Skin Aqua yang SPFnya 50. Aku pakai yang SPFnya tinggi karena di luar lagi panas banget gitu kan. Konsistensinya yang cair dan agak oily juga ngebantu wajah menjaga kelembapannya. Cara pakai: tuang ke tangan secukupnya, lalu pijat-pijat ke muka biar cepet meresap.

2. Pakai color corrector warna merah di kantung mata yang hitam, warna hijau di titik-titik yang warnanya agak kemerahan di wajah. Nanti kalau pakai concealer, warnanya bakalan jadi lebih rata. Aku pakai All Round Concealer dari Catrice, aplikasiinnya pakai satu jari aja untuk satu warna.

3. Concealer dari the Saem ini aku pakai di daerah-daerah yang mau aku tutupi kekurangannya. Juga daerah yang tadi udah dikasih color corrector. Coveragenya bagus, gampang diblend. Concealer Favorit yang belom pernah aku review🤣 (shade: 02)

4. Pakai BB Cream buat meratakan warna wajah seluruhnya. Nggak perlu banyak-banyak, sedikit aja yang penting ngeblendnya rapiiih. BB Cream dari Marina ini aku udah pakai dari 2014an (dan ga ganti-ganti sama yang lain...) dan terbukti nyaman di kulitku. (shade: natural) Concealer dan BB Cream ini aku blend pakai beauty Blender dari Kirei Jabez. 

5. Kunci pakai Bedak Two Way Cake. Karena kita nggak mau makeup cepet luntur, kuncinya pakai bedak TWC, jangan pakai loose powder. Kulitku nggak bermasalah aku tumpuk BB Cream dengan bedak two way cake👌💁‍♀️. Di sini aku pakai CC Cake Emina yang warnanya butterscotch, biar mengembalikan warna kulitku yang agak kekuningan. (BB cream yang tadi agak pink gitu warnanya). Aku aplikasikan pakai powder blush yang ujungnya datar.


Mata kita nggak boleh kelihatan sayu meskipun emang ngantuk. Makeup mata yang aku pakai di look ini memang simple, tapi cukup buat bikin mata lebih tajam dan kelihatan hidup:

1. Bikin alis. Aku lebih suka alisku warna coklat agak tua, biar wajah keliatannya nggak galak-galak amat. Di sini aku pakai eyebrow cake dari Emina: Top Secret Eyebrow.

2. Eyeshadow bikin mata kelihatan lebih dalam. Aku pakai nomor satu di crease (pakai brush yang ada di foto), dan sisanya diblend ke tulang hidung buat kontur. Sedangkan nomor dua itu cukup buat di eyelid aja, aplikasikan pakai tangan. 

3. Eyeliner hitam bisa bikin mata terlihat lebih belo, tapi pakainya jangan berlebihan. Aku lebih suka kalau pakainya dari ujung lalu berhenti di tengah. Gak usah sampai ke dalam mata, karena keliatannya bakalan malah serem. Aku pakai Make Over Hyperblack Eyeliner. Produk baru yang kece parah!

4. Pakai maskara! Aku lupa foto maskaranya. Tapi sebelum pakai maskara, jepit dulu bulu matanya. Di look yang ini aku pakai maskara dari Poppy Dharsono Cosmetics


Wajah kita tadi udah flawless, alias warnanya udah rata. Tapi jangan biarkan dia flat! Kasih sedikit warna biar keliatan seger. 

1. Pakai blush on! Wajib banget ini. Nggak usah tebel-tebel macem bikin Igari Look, pakai sedikit aja asal ada rona segar di wajah. Aku pakai Zoya Cosmetics yang warna Coral. Aplikasiinnya pakai brush yang sama untuk pakai bedak CC Cake tadi. 

2. Pakai highlighter. Ini nggak wajib, tapi biar wajah keliatan agak bersinar gimana gitu. Aku pakai highlighter dari BYS Cosmetics yang warnanya kedua dari atas. Warna itu cukup natural, jadi bener-bener nyatu sama kulit wajah. Aplikasikan pakai jari di tengah hidung dan tulang pipi.


Karena nggak mau bikin wajah kering, aku pakai water spray dari Avene yang super ngelembabin untuk setting spray. Hasilnya oke, makeup nggak gampang geser kok meskipun dia aslinya bukan diciptakan untuk jadi setting spray.

Sedangkan untuk bibir, aku pakai sedikit aja lipcream dari ZAP Beauty yang shade Peach. Meskipun lipcream ini nggak bikin kering, pakenya ya jangan sampe full lips juga. Karena kita nggak minum sama sekali selama daytime, jadi ya pake tipis-tipis aja biar bibir ga kerasa berat. Lagian nggak akan kehapus juga warnanya 😛

Kalau kalian pengen lihat tutorial dalam bentuk video, boleh tengok di bawah ini ya:



Blogpost ini aku buat dalam rangka ikut meramaikan BEAUTY POST COLLABORATION dari Komunitas Beauty Blogger & Vlogger. Buat ngisi blog juga sih, lumayan kan ada inspirasi tema, huehehe. Jangan lupa tengok videonya kak Aisyah dengan tema serupa di youtubenya kak Aisyah, ya!

Thanks for reading!
❤,
— Safira Nys
Previous Article
Daftar Rekomendasi Pelembap untuk Bibir, Wajah, Tubuh, dan Rambut di Ramadan 2018
Daftar Rekomendasi Pelembap untuk Bibir, Wajah, Tubuh, dan Rambut di Ramadan 2018

Cuaca siang hari di Ramadan 2018 ini cukup terik, sedangkan kita nggak bisa minum kalo haus. Ya namanya jug...

Next Article
[Review] ZAP Beauty Loose Powder | Healthy Glow (Natural Beige) & Translucent
[Review] ZAP Beauty Loose Powder | Healthy Glow (Natural Beige) & Translucent

Aku mau bilang kalau bedak bukan hal yang penting dalam makeup sehari-hari, tapi kalo kaya gitu bohong bang...