[REVIEW] Smooto Indonesia - Skincare dan Makeup dalam Saku (Aloe Series for Acne)

July 24, 2018 Safira Nys
Percaya gak ada skincare dan makeup bagus di bungkus sachet?

Waktu tahun kemarin ke Thailand, aku lihat-lihat barang di 7eleven. Di minimarket itu, ada makeup dan skincare dijual dalam bentuk sachet! Kalau cuma masker atau deodoran sih kita juga sering liat ya di Indonesia. Tapi di Thailand tuh sampe ada serum, moisturizer, bb cream, scrub, sunscreen, dan facial wash dalam bentuk sachet.

Lalu aku berpikir. Wah orang Thailand kayaknya lebih ngirit daripada kita 😂

Tapi kalau dipikir ulang, sebenernya skincare dan makeup sachet tuh memang memudahkan. Kalau misal nggak cocok, kan nggak sayang mau dikasihin ke orang. Karena isinya sedikit. Kalau nggak pengen ngabisin uang bulanan buat beli skincare atau makeup, yang sachet harganya lebih terjangkau. Yang paling penting: praktis. Lebih ringan dan ga makan tempat kalau dibawa kemana-mana. Bahkan muat di dalam saku!

Smooto Indonesia ini emang produk Thailand (sumber: website Smooto Japan), tapi mereka ngenalin ke pasar pakai nama 'Japan' karena setahuku sih kiblat skincare dan makeup Thailand juga Jepang/Korea. Sama kayak Indonesia. Produknya jadi lebih menarik, dan akhirnya pendapatan juga milik Thailand. Sama-sama untung. 

Menurutku sih oke-oke aja, karena produk Smooto ini memang bagus dan aman untuk dipakai. Bahkan saat diimpor ke Indonesia, produk-produk Smooto udah dapat sertifikat dan nomor BPOM

Aloe Series for Acne dari Smooto Indonesia



Aku punya tiga produk Smooto dari rangkaian Aloe Series for Acne. Klaim dari websitenya, rangkaian ini diperkaya dengan 99.5% Aloe Vera, Vitamin E, dan ekstrak lendir siput natural. Fungsi dari ketiga komposisi itu adalah untuk meperbaiki kulit dan melembutkan kulit. 

Tipe kulitku adalah tipe yang mudah berjerawat, mudah merah-merah karena sensitif, kering di bagian pipi, dan berminyak di bagian T-zone. Aku udah coba ketiga produk di bawah ini di kulitku yang rewel. 

Smooto Tomato Aloe Snail White & Acne Sleeping Serum 

 


Rating: 4.5/5
BPOM NA49180101436

Dari klaimnya, produk ini bisa melembabkan kulit, mengatasi sunburn, mengatasi komedo dan jerawat dengan menyerap minyak berlebih, serta mencerahkan wajah. Berhubung aku anaknya hemat dan ga mau skincarenya cepet abis, aku jarang pakai produk ini di seluruh wajah. Seringnya hanya di bagian yang berjerawat dan punya bekas jerawat aja.

Pertama kali aku pakai skincare ini, aku nggak sempet baca keterangan kandungan produknya. Aku ngerasa bagian yang berjerawat itu agak perih, lalu baunya familiar. Ternyata produk ini mengandung tea tree oil untuk membantu mengatasi jerawat. Besoknya, jerawat besar tanpa nanah yang belom mateng itu langsung kempes dan sirna. Gak tahu kemana.

Smooto Tomato Aloe Snail White & Acne Sleeping Serum ini lebih efektif kalau dipakai sendirian aja. Nggak dibarengi sama moisturizer lain saat malam hari. Karena kalau dipake malam hari dia bisa jadi sleeping mask kalau dipakai lebih tebal. Di kulitku, produk ini efektif meredakan jerawatnya dan mencerahkannya. Sayangnya produk ini belum bisa bener-bener nahan minyak di area T-Zone aku.

Smooto Tomato Aloe Snail BB&AA Cushion



Rating: 3.7/5
BPOM NA9180300436

Biasanya kalau pakai base makeup cair begini dan malemnya ga maskeran, kulitku langsung jerawatan sana-sini. Tapi aku terkejut setelah nyobain BB&AA Cuhion-nya Smooto ini. Meskipun malemnya nggak maskeran, kulit wajahku tetep mulus dan nggak tumbuh jerawat. Aku rasa makeup base ini emang mengandung skincare di dalamnya.

Di bagian belakang kemasan produknya ada keterangan kalau BB&AA Cushion ini bisa bikin kulit terlihat sehat merona, menyamarkan noda hitam, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi minyak berlebih. Menurutku, di kulit Indonesia ini warna produknya terlalu terang. Tapi lama kelamaan sih menyerap dan menyatu dengan kulit juga, jadi terlihat cerah aja natural gitu.  Produk ini bisa menyamarkan noda bekas jerawat, tapi kurang bisa menutupi kantong mata.

Meskipun nggak disebutin di sebagai keunggulan, aku yakin produk ini juga udah ada SPFnya. Soalnya ada Titanium Dioxide dalam daftar kandungan bahan bakunya. Cocok untuk dipakai sehari-hari karena praktis: bisa merawat kulit sambil menutupi kekurangan kulit kita.

Smooto Tomato Aloe Snail Jelly Scrub



Rating: 3/5
BPOM NA49180200290

I'm gonna say this straight from my mouth: aku akan suka sekali scrub ini seandainya dia nggak pakai polyethylene alias microbeads sebagai scrubnya. Butiran scrub di produk ini halus dan kecil. Jadi nggak menyakiti kulit yang sensitif, cocok dipakai sehari-hari. Sayangnya microbeads gak bisa larut dalam air, dan bisa mencemari lingkungan. 

Bentuk scrub ini memang unik, karena teksturnya gel yang agak padat seperti jelly. Cara pakainya kita bisa usap-usap produk ini di muka, didiamkan satu menit, baru dibilas. Saat kita mendiamkan produk ini, ternyata gel aloe terserap ke dalam kulit kita dan melembabkan kulit! Exfoliasi kulit jadi bener-bener aman kalau pakai produk ini.

Kalau dipakai secara rutin, produk ini bisa menyamarkan bekas luka, noda hitam, mengencangkan pori-pori, mengatasi komedo juga jerawat. Saat aku coba pakai sekali, aku rasa kulitku jadi lebih halus, lembab, adem, dan sedikit lebih cerah. Nggak bikin breakout!

Dari ketiga produk ini, mana produk yang paling ingin kamu coba?
Thanks for reading!
Previous Article
5 Tips Untuk Tubuh Sehat dan Bugar (dengan Youvit Multivitamin Gummy)
5 Tips Untuk Tubuh Sehat dan Bugar (dengan Youvit Multivitamin Gummy)

Waktu ketemu Melody JKT48, aku bertanya-tanya dalam hati. Kok bisa ya ada orang yang tetap kelihatan bugar,...

Next Article
[REVIEW] Menyamarkan Kerutan di Bawah Mata dengan Sakura Collagen Anti Age`s Cream
[REVIEW] Menyamarkan Kerutan di Bawah Mata dengan Sakura Collagen Anti Age`s Cream

Umurku belum sampai 25-an, tapi aku punya kerutan di bawah mata yang cukup parah. Kalau pakai concealer aga...